test

News

Selasa, 3 September 2024 10:05 WIB

Di Jakarta, Paus Fransiskus Gunakan Mobil Maung Pindad dengan Seri SCV I

Editor: Fitriawan Ginting

Kendaraan Maung yang digunakan Paus Fransiskus di Jakarta. (Foto: PMJ/Dok Pindad).

PMJ NEWS - Selama berada di Jakarta, Paus Fransiskus akan menjalani beberapa rangkaian acara yang telah dipersiapkan. Salah satunya kegiatan akbar Misa Suci yang akan digelar di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta Pusat.

Selama lawatannya , Paus Fransiskus akan menggunakan kendaraan beroda empat. Salah satunya adalah kendaraan operasional (ranops) buatan BUMN. Mobil tersebut adalah Maung buatan PT Pindad. Paus Fransiskus kabarnya akan menaiki Maung tersebut dalam kegiatan khusus.

Mobil ini akan digunakan untuk menyapa jemaat misa di Gelora Bung Karno (GBK). Kendaraan operasional, Maung buatan Pindad itu di desain khusus untuk kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia.

Terlihat di media sosial, mobil Maung Pindad yang akan digunakan sedikit mendapatkan desain tambahan. Warna mobil terlihat berwarna putih dengan dihiasi semacam atap yang agak tinggi.

Sekilas tidak ada perubahan signifikan dari desain awal Maung Pindad tersebut. Kendati kedatangan Paus Frasiskus itu merupakan momen spesial, terlihat ada ciri khusus yang ditambahkan ke mobil Maung itu.

Ada kode bertuliskan 'SCV 1' di bagian depan mobil Maung yang akan digunakan Paus Fransiskus. SCV diketahui merupakan singkatan dari Status Civitatis Vaticanae atau Negara Kota Vatikan.

Kembali ke Maung, mobil buatan anggota Holding BUMN Industri Pertahanan (Defend ID) ini memang keral digunakan pada acara penting lainnya. Terakhir Maung digunakan untuk mengantarkan bendera merah putih dalam kirab sebagai prosesi upacara HUT ke-79 Republik Indonesia.

Sebelumnya, kendaraan Maung juga ditumpangi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri BUMN Erick Thohir. Kala itu, kendaraan taktis ringan itu dikemudikan oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

BERITA TERKAIT