test

News

Senin, 22 Juli 2024 10:03 WIB

Kloter Kertajati 30 Akhiri Fase Pemulangan Jemaah Haji Indonesia

Editor: Hadi Ismanto

Fase pemulangan jemaah haji Indonesia dari Tanah Suci memasuki tahap akhir. (Foto: PMJ News/Dok Kemenag)

PMJ NEWS - Fase pemulangan jemaah haji Indonesia dari Tanah Suci memasuki tahap akhir dengan pemulangan 316 jemaah haji kelompok terbang (kloter) 30 asal embarkasi Kertajati (KJT-30) dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMMA) Madinah, Arab Saudi.

Kepulangan jemaah kloter KJT-30 yang diangkut menggunakan maskapai Saudia Airlines nomor penerbangan SV-5712 ini sekaligus juga menjadi penanda berakhirnya masa operasional layanan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daerah Kerja (Daker) Bandara.

"Dengan kepulangan jemaah kloter KJT-30 yang diterbangkan Senin, 22 Juli 2024 pukul 01.00 WAS, maka fase pemulangan jemaah haji gelombang II dinyatakan selesai," ungkap Kepala Daker Bandara, Abdillah.

"Ini sekaligus mengakhiri tugas pelayanan PPIH Arab Saudi Daker Bandara," sambungnya.

Kloter KJT-30 ini berisi jemaah haji yang berasal dari berbagai Kabupaten di Provinsi Jawa Barat di antaranya Kabupaten Majalengka, Kuningan, Cirebon, Indramayu, dan Subang.

"Jemaah haji kloter terakhir ini dijadwalkan akan mendarat di Bandara Kertajati, pada 22 Juli 2024 pukul 15.15 WIB," ujarnya.

Selama masa operasional haji 1445 H/2024 M, lanjut Abdillah, Daker Bandara telah melayani kepulangan 212.719 jemaah dan 2.745 petugas kloter. Mereka terbagi dalam 553 kloter.

"Untuk jemaah haji reguler wafat pada musim haji tahun ini berjumlah 461 orang. Sedangkan yang dirawat di RS Arab Saudi ada 62 orang, baik di Jeddah, Makkah maupun Madinah.

"Seluruh biaya perawatan ditanggung Pemerintah Arab Saudi. Mereka akan segera dipulangkan setelah dinyatakan sehat dan mendapat izin dari rumah sakit setempat," jelas Abdillah.

Proses pemulangan kloter terakhir jemaah haji Indonesia di Madinah ini dilepas langsung Konjen RI Yusron B. Ambary, Ketua PPIH Arab Saudi Nasrullah Jasam, dan Kadaker Bandara Abdillah beserta pejabat lainnya yang berada di Arab Saudi dan disaksikan Petugas Haji Daker Bandara.

"Atas nama Pemerintah RI dan PPIH, kami mengucapkan selamat atas kelancaran rangkaian ibadah haji ini mulai dari awal hingga akhir. Semoga semua dilancarkan dan kembali ke Tanah Air dengan menyandang predikat haji mabrur," tutur Konjen RI, Yusron B. Ambary.

"Kami juga mohon maaf bilamana dalam penyelenggaraan ibadah haji terdapat kekurangan dan terima kasih selanjutnya kami sampaikan kepada Petugas Haji Indonesia yang telah bekerja keras, mendedikasikan pikiran dan tenaganya dalam melayani tamu Allah," imbuhnya.

BERITA TERKAIT