test

Olahraga

Kamis, 30 Mei 2024 14:07 WIB

Sejarah Baru, Olympiacos Juara UEFA Europa Conference

Editor: Fitriawan Ginting

Klub Yunani, Olympiacos Juara UEFA Europa Conference. (Foto: PMJ/Media Officer Olympiacos).

PMJ NEWS - Klub sepakbola Yunani, Olympiacos mengukir sejarah dengan meraih trofi UEFA Europa Conference League usai hempaskan klub Italia, Fiorentina dengan skor akhir 1-0.

Gol tunggal tercipta melalui perpanjangan waktu dalam laga final yang digelar di Athena, Yunani, Kamis (30/5/2024) dini hari Wib. Ini menjadi pertama kalinya klub Yunani meraih trofi utama di kancah Eropa.

Olympiacos memiliki 47 gelar liga domestic. Klub yang berbasis di Piraeus selalu mendominasi per sepakbola an di dalam negeri. Namun, di level Eropa, prestasi mereka belum pernah mencuri perhatian besar.

Gelar UEFA Youth League musim ini adalah langkah awal mereka. Saat ini, dengan trofi Conference League di tangan, mereka telah membuktikan diri di panggung yang lebih besar.

Pertandingan final melawan Fiorentina berlangsung sengit, dengan kedua tim berjuang keras untuk mencetak gol. Hingga akhirnya, di menit-menit terakhir perpanjangan waktu, Ayoub El Kaabi muncul sebagai pahlawan dengan mencetak gol penentu kemenangan.

"Menakjubkan bagi Olympiacos dan saya. Sangat bangga dengan tim ini," kata pemain Olympiacos, Stevan Jovetic.

Perjalanan menuju kemenangan ini tidak mudah bagi Olympiacos. Mereka memulai musim di Conference League, setelah finis ketiga di Grup A Europa League di belakang West Ham dan Freiburg.

Hasil ini membuat mereka harus melalui satu babak knockout ekstra dibandingkan Fiorentina, yang merupakan salah satu juara grup Conference League.

Di fase knockout pertama, Olympiacos berhasil menyingkirkan klub asal Hungarian, Ferencvaros, dengan dua kemenangan 1-0. Tantangan berat datang di babak 16 besar melawan Maccabi Tel Aviv.

BERITA TERKAIT