test

News

Senin, 1 April 2024 11:31 WIB

Dear Pemudik, Ada Diskon 20 Persen untuk Tarif Tol Jakarta-Semarang

Editor: Fitriawan Ginting

Gerbang Tol Palimanan biasa dilalui pemudik. (Foto: PMJ/Gtg).

PMJ NEWS - Kabar baik untuk para pengendara yang hendak mudik di Lebaran 2024 ini. Berdasarkan perintah Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan memberikan diskon atau potongan tarif tol hingga 20% pada arus mudik dan arus balik Lebaran 2024. Diskon tarif tol sebesar 20% ini untuk Tol Trans Jawa dari Jakarta hingga Semarang dan sebaliknya.

Disampaikan Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana, diskon tersebut berlaku untuk Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Layang MBZ, Jalan Tol Palimanan-Kanci, Jalan Tol Batang-Semarang dan Jalan Tol Semarang Seksi ABC.

"Potongan tarif tol ini akan berlaku dari Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang pada arus mudik dan dari GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang menuju GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada arus balik," kata Lisye Octaviana, Senin (1/4/2024).

Pemberlakukan disko tersebut diberikan ke semua jenis kendaraan. Tujuannya untuk memaksimalkan distribusi lalu lintas dan menghindari penumpukan kendaraan pada tanggal tertentu yang diprediksi menjadi arus puncak mudik dan balik.

Teknis pemberlakuan potongan tarif tol ialah untuk semua golongan kendaraan dan hanya untuk kendaraan asal GT Cikampek Utama dan transaksi keluar di GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang pada periode arus mudik yaitu mulai Rabu, 3 April 2024, pukul 05.00 WIB hingga Jumat, 5 April 2024 pukul 05.00 WIB.

Sementara itu untuk arus balik, potongan tarif tol hanya untuk kendaraan asal GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang dan transaksi keluar di GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek mulai Rabu, 17 April 2024, pukul 05.00 WIB, hingga Jumat, 19 April 2024 pukul 05.00 WIB.

"Potongan tarif ini berlaku untuk pengguna jalan yang menggunakan uang elektronik. Untuk itu, kami imbau pengguna jalan dapat memastikan kesiapannya sebelum melakukan perjalanan, di antaranya dengan memastikan kecukupan saldo uang elektronik dan BBM, serta memastikan kondisi kendaraan maupun pengendaranya dalam kondisi yang optimal," jelas Lisye.

Dengan adanya diskon tersebut diharapkan dapat menjadi acuan bagi masyarakat yang memiliki keleluasaan waktu lebih panjang agar dapat mengatur waktu perjalanan mudik lebih awal dan perjalanan balik lebih akhir. Sehingga masyarakat tetap dapat memanfaatkan potongan tarif tol.

BERITA TERKAIT