test

News

Rabu, 27 Maret 2024 07:09 WIB

Kakorlantas Bentuk Satgas Urai Kemacetan Arus Mudik-Balik Lebaran

Editor: Hadi Ismanto

Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyiagakan Satuan Tugas (Satgas) Urai Kemacetan untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan saat arus mudik dan balik Lebaran 2024.

"Satgas ini dibentuk untuk memaksimalkan kelancaran dan keselamatan pemudik," ujar Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan saat dikonfirmasi, Selasa (26/3/2024).

Sebanyak 500 kendaraan roda dua didistribusikan kepada sub satgas untuk membantu mengurai kemacetan di titik-titik rawan. Pembentukan satgas ini didasari oleh potensi tingginya volume kendaraan dan perkiraan 193,6 juta pemudik pada tahun ini.

"Jalur darat masih menjadi primadona bagi para pemudik, sehingga strategi khusus perlu diterapkan untuk melayani mereka," ucapnya.

Satgas Urai Kemacetan akan berfokus pada penyelesaian permasalahan di “trouble spot” yang sering mengakibatkan kemacetan, seperti pengemudi yang berhenti di bahu jalan atau gangguan lainnya.

Tim ini akan disebar di setiap Polda mulai dari Banten hingga Jawa Timur, dan akan berpatroli sesuai jam rawan macet. "Tim juga akan bergerak cepat untuk mengurai kemacetan di titik-titik yang dilaporkan melalui Command Center," tukasnya.

Diharapkan dengan kesigapan Satgas Urai Kemacetan, arus mudik dan balik Lebaran 2024 dapat berjalan lancar dan aman bagi seluruh pemudik.

BERITA TERKAIT