test

News

Selasa, 19 Maret 2024 11:34 WIB

Polri Siapkan Tiga Simulasi Pengamanan Saat Pengumuman Hasil Pemilu 2024

Editor: Hadi Ismanto

Kabaharkam Komjen Pol Fadil Imran saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Polri akan menerjunkan ribuan personel dan menyiapkan pengamanan saat pengumuman hasil rekapitulasi suara Pemilu 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Pernyataan tersebut diungkapkan Kepala Baharkam Polri selaku Kepala Operasi Mantap Brata, Komjen Pol Fadil Imran saat menyambangi Kantor KPU RI di Menteng, Jakarta Pusat, Senin (18/3/2024).

Menurut Fadil, Polri telah menyiapkan tiga simulasi untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan situasi dalam menghadapi pengumuman hasil rekapitulasi nasional Pemilu 2024.

"Dalam rapat kita sudah membangun tiga simulasi, tentu kalau situasinya landai normal tetap kita akan berlakukan situasi normal," ujar Fadil Imran kepada wartawan.

"Tapi kalau ada manakala ada peningkatan eskalasi tentu akan terjadi penambahan-penambahan personel dengan mengedepankan tindakan-tindakan preemtif dan preventif," sambungnya.

Fadil menjelaskan, simulasi tersebut dirancang untuk menguji responsibilitas dan kesiapan Polri dalam menghadapi situasi apapun yang mungkin terjadi saat pengumuman hasil Pemilu. Polri berharap dapat memastikan keamanan dan ketertiban selama proses demokrasi.

Polri juga menekankan pentingnya pengamanan yang tidak hanya bersifat reaktif, tetapi juga proaktif dalam menghadapi potensi kerusuhan atau gangguan keamanan selama pengumuman hasil rekapitulasi.

"Ruang-ruang untuk menyampaikan pendapat seperti yang disampaikan Kapolri jika ada yang ingin menyampaikan pendapat , ada yang protes silakan sepanjang tidak anarkis, kita akan terus memberikan pelayanan terbaik," tukasnya.

BERITA TERKAIT