test

News

Jumat, 15 Maret 2024 13:41 WIB

BPBD DKI Rilis Peringatan Dini Potensi Cuaca Ekstrem Hingga 18 Maret 2024

Editor: Hadi Ismanto

BPBD DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem. (Foto: PMJ News/Instagram @dkijakarta)

PMJ NEWS - BPBD DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini potensi adanya cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas sedang dan lebat disertai kilat atau angin kencang di wilayah Ibu Kota hingga 18 Maret 2024.

"Berdasarkan siaran pers BMKG, hasil analisis terkini mengidentifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan intensitas SEDANG-LEBAT yang disertai kilat/angin kencang pada 14-18 Maret 2024 di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya," tulis BPBD DKI Jakarta melalui laman akun Instagram @dkijakarta, yang dikutip pada Jumat (15/3/2024).

Kondisi tersebut dipicu oleh aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) serta fenomena Gelombang Kelvin dan Rossby Equatorial masih terpantau dan diprediksi aktif di wilayah Indonesia dalam beberapa hari kedepan.

Potensi hujan dengan intensitas hingga sedang dapat terjadi terutama di wilayah Kota Bogor, Kab. Bogor, Kota Tangerang, dan Kab. Tangerang.

Penurunan potensi intensitas hujan di Jabodetabek akan terjadi mulai tanggal 17 Maret 2024. Perlu diwaspadai adanya potensi hujan lebat disertai angin kencang sesaat di sebagian wilayah Jabodetabek utamanya pada sore hingga dini hari.

Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari cuaca ekstrem. Informasi banjir terkini dapat dipantau melalui situs https://pantaubanjir.jakarta.go.id/peta-banjir-berbasiskan-rt.

"Bila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112," tambahnya.

BERITA TERKAIT