test

News

Sabtu, 9 Maret 2024 18:14 WIB

Kakorlantas Polri Resmikan Ruang Traffic Accident Analysis

Editor: Hadi Ismanto

Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan meresmikan ruangan Traffic Accident Analysis. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Irjen Pol Aan Suhanan meresmikan ruangan Traffic Accident Analysis (TAA) di Gedung Djayusman Kantor Korlantas Polri, Jumat (8/3/2024).

"Hari ini kita baru menyaksikan peresmian ruang TAA Center disini adalah ruang untuk membahas merecord pengolahan tempat kejadian perkara dari seluruh Indonesia," ungkap Aan Suhanan.

Ruang TAA merupakan laboratorium yang meneliti dan mengkaji dalam berbagai situasi kecelakaan, khususnya kecelakaan menonjol yang didukung dengan peralatan modern seperti 3D laser scanner.

Dalam pelaksanaan TAA, penggunaan teknologi yang modern sangat membantu dalam menggali informasi sehingga diperoleh hasil yang benar-benar akurat.

"TAA sendiri adalah bentuk transformasi dalam penegak hukum dari bentuk yang konvensional kepada digitalisasi terutama dalam olah TKP (tempat kejadian perkara)," tuturnya.

"Dengan alat ini sudah merangkum semua ilmu pengetahuan disitu terkait olah TKP ada ilmu telematika, ada fotografi forensik ada fisika dan lain sebagainya," sambungnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kakorlantas juga memberikan Serifikat Pelatihan 3D Laser Scanner kepada personel Korlantas dengan harapan dapat memperbanyak para ahli dibidang olah tkp.

"Kedepan kita ingin memperbanyak ahli-ahli kita dengan cara mensertifikasi seluruh petugas olah TKP dengan penggunaan alat 3D laser scanner sehingga hasilnya dengan alat ini lebih objektif tidak terbantahkan," tukasnya.

Turut hadir dalam peresmian tersebut Dirrgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Raden Slamet Santoso, Presdir Leica Geosistem Busroni, Senior Regional Manager Faro Kosuke Takashi, Presdir PT. Maharaja Kreasi Teknologi Arman, Presider PT. Mega Pratama Unggul Alvin.

BERITA TERKAIT