test

News

Selasa, 13 Februari 2024 12:36 WIB

Kapolda Metro Minta Anggota Pengamanan TPS Jaga Netralitas Polri

Editor: Hadi Ismanto

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Karyoto seusai apel pergeseran pasukan pengamanan TPS Pemilu 2024. (Foto: PMJ News/Fajar)

PMJ NEWS - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto mengingatkan para personel yang bertugas pengamanan TPS untuk menjaga netralitas saat Pemilu 2024. Dia meminta anggota Polri tidak melakukan hal-hal yang bisa menyudutkan institusi.

Pernyataan tersebut disampaikan Karyoto seusai apel pergeseran pasukan pengamanan TPS Pemilu 2024 di wilayah hukum Polda Metro Jaya yang berlangsung di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Selasa (13/2/2024).

"Koordinasi selalu dengan petugas di TPS, jangan lakukan hal-hal kontraproduktif yang dapat menyudutkan institusi Polri maupun TNI, pesan saya untuk menjaga netralitas kita," ungkap Karyoto kepada wartawan, Selasa (13/2/2024).

Pada kesempatan yang sama, Karyoto mewanti-wanti jajaran agar tidak berpihak kepada paslon mana pun. Dia juga meminta anggotanya tidak berdiam diri di dekat rumah atau posko pemenangan paslon untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Menjauhi tindakan yang dapat mendiskreditkan kita, berpihak ke salah satu paslon atau partai politik. Hindari juga tempat-tempat sekiranya adalah bagian dari unsur tim pemenangan, salah satu paslon," tuturnya.

"Cermati tempat dimana anggota akan tinggal menginap, atau sekadar duduk minum kopi, dan jangan berbicara yang mengarahkan dukungan atau menjatuhkan elektabilitas salah satu paslon atau partai politik," sambungnya.

Karyoto juga meminta kepada jajarannya untuk bertugas secara serius dalam mengawal proses pemungutan suara 14 Februari nantinya. Dia berharap proses pemungutan suara bisa berjalan aman dan lancar.

"Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana masing-masing personel untuk memahami tugas dan tanggung jawab yang diembannya, serta bagaimana memahami prosedur di TPS serta terhadap surat dan kotak suara yang ada," terangnya.

"Saya harapkan seluruh personel siap melaksanakan tugas sesuai dengan plotting yang ada, tidak ada lagi personel yang tidak siap baik dari segi kesehatan fisik, mental, logistik, perlengkapan dinas serta kebutuhan pribadi," lanjutnya.

BERITA TERKAIT