test

News

Sabtu, 3 Februari 2024 15:29 WIB

Hilangkan Kesan Kumuh, Jokowi Resmikan Revitalisasi Terminal Leuwi Panjang

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi saat meresmikan sejumlah ruas jalan di Daerah Istimewa Yogyakarta. (Foto: PMJ News/Twitter @jokowi)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan revitalisasi Terminal Leuwi Panjang, Kota Bandung dan Terminal Banjar di Kota Banjar, Jawa Barat. Kedua terminal itu masuk kategori terminal tipe A.

"Terminal bus selalu dari dulu dikesankan dan kenyataannya yang ada di lapangan kumuh, tidak rapi, kotor, banyak premannya. Itu persepsi," ujar Jokowi di Terminal Leuwi Panjang, Kota Bandung, Sabtu (3/2/2024).

"Dan kalau kita lihat pada hari ini, Terminal Leuwipanjang di Kota Bandung yang dibangun menghabiskan anggaran Rp70 miliar keren banget," sambungnya

Dengan selesainya pembangunan terminal ini, Jokowi juga mendorong masyarakat untuk beralih menggunakan transportasi umum. Sehingga mengurangi kemacetan yang mengular di jalan raya.

"Ini untuk mendorong kepada masyarakat agar kembali menggunakan transportasi umum, berbondong-bondong lagi tidak menggunakan mobil pribadi, kalau itu diteruskan yang terjadi adalah kemacetan seperti yang sering kita alami dalam kehidupan sehari-hari," tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi memberikan contoh kemacetan yang sudah tiap hari terjadi di kawasan Jabodetabek. Dia mengungkapkan dampak kemacetan itu merugikan Rp100 triliun dalam setahun.

"Karena macet, contoh saja di Jakarta dan Jabodetabek. Setahun kita kehilangan hampir Rp100 triliun gara-gara macet. Hampir di semua kota kemacetan itu sudah terasa semuanya," terangnya.

"Semoga Terminal Leuwi Panjang dan Terminal Banjar di Provinsi Jawa Barat bisa mempercepat mobilitas orang dari satu kota ke kota yang lain atau di dalam kota," imbuhnya.

BERITA TERKAIT