test

Kesehatan

Sabtu, 3 Februari 2024 11:01 WIB

Hindari, Lima Kebiasaan Buruk Ini Pengaruhi Kesehatan dan Picu Kanker

Editor: Hadi Ismanto

Merokok dapat menyebabkan gangguan kesehatan. (Foto: PMJ News/Ilustrasi)

PMJ NEWS - Kondisi kesehatan seseorang tentunya dipengaruhi gaya hidup. Bagi mereka yang kerap mengabaikan gaya hidup sehat tentu akan berdampak pada sistem kekebalan tubuh dan bisa memicu perkembangan sel kanker.

Seperti dilansir dari laman Times of India, Sabtu (3/1/2024), berikut sederet kebiasaan buk yang wajib dihindari karena bisa membuat tubuh rentan terkena penyakit.

1. Malas Gerak
Tak pernah menggerakan tubuh atau dikenal dengan Istilah 'Mager' terasa begitu familiar di era seperti sekarang ini. Kebiasaan serba instan dan ingin cepat membuat seseorang enggan untuk menyisihkan waktu untuk menggerakan tubuh.

Ketika keseringan rebahan dan merasa mager untuk berolahraga, maka organ-organ dalam tubuh tidak dilatih. Kebiasaan tak pernah berolahraga juga dapat membuat berat badan tubuh tidak terkontrol hingga akhirnya memicu pertumbuhan penyakit ganas.

2. Paparan Sinar UV
Sinar UV secara berlebihan Jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan dan terpapar langsung sinar ultraviolet (UV) dari matahari, sebaiknya Anda waspada. Sebab, paparan sinar UV secara berlebihan dapat memicu kanker kulit.

Apalagi jika Anda tidak pernah menggunakan sunscreen ketika berpergian. Mengoleskan ulang sunscreen juga menjadi hal yang tak boleh terlewati.

3. Konsumsi Makanan Tak Sehat
Banyak penelitian telah menghubungkan adanya peningkatan risiko kanker dengan pola makan tinggi makanan olahan, tinggi lemak jenuh, serta rendah buah dan sayuran.

Kebiasaan mengkonsumsi makanan sehat kaya akan buah-buahan dan sayuran dapat membantu menurunkan risiko kanker tertentu dengan menyediakan nutrisi penting, antioksidan, dan serat.

4. Minum Alkohol Berlebihan
Kebiasaan mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang banyak dan terlalu sering dapat membuat tubuh berisiko lebih tinggi terkena banyak penyakit ganas seperti kanker kolorektal, payudara, dan hati.

Sering kali minum alkohol menjadi gaya hidup yang diterapkan sebagian orang untuk bersenang-senang semata. Padahal mengurangi atau berhenti menggunakan alkohol dapat membantu mengurangi risiko tersebut.

5. Merokok
Kebiasaan merokok dapat memicu pertumbuhan kanker dengan sangat cepat dalam tubuh, hal ini pun sudah banyak diketahui masyarakat. Beberapa jenis kanker yang bisa muncul akibat sering merokok yaitu kanker kandung kemih, tenggorokan, dan paru-paru.

Tembakau mengandung senyawa beracun yang dapat melukai sel, mengakibatkan perubahan genetik dan peningkatan risiko kanker. Bahkan merokok bisa merugikan kesehatan orang sekitar melalui residu dari asap rokok yang bisa menempel di tubuh dan juga asap yang dihirup.

BERITA TERKAIT