test

News

Kamis, 1 Februari 2024 09:05 WIB

33 Personel Polri yang Bertugas di Sudan Selatan Dapat Penghargaan

Editor: Hadi Ismanto

33 personel Polri yang bertugas yang bertugas sebagai misi perdamaian United Nation Missionin South Sudan (UNMISS) mendapat penghargaan. (Foto: PMJ News/Istimewa)

PMJ NEWS - Sebanyak 33 personel Polri yang bertugas sebagai Individual Police Officer (IPO) pada misi perdamaian United Nation Missionin South Sudan (UNMISS) mendapat penghargaan dari UNMISS UNPOL Police Commissioner, Christine Fossen.

Hadir pada kegiatan ini Kadiv Hubinter Polri, Irjen Pol Krishna Murti beserta empat orang delegasi lainnya termasuk Senior Liaison Officer pada perwakilan Indonesia untuk PBB.

Foseen menyampaikan apresiasi atas kehadiran delegasi Polri pada misi perdamaian PBB di Sudan Selatan ini. Medal pining kontingen IPO Polri di UNMISS merupakan dukungan bagi para UNPOL Indonesia untuk semakin berprestasi dalam kinerja mereka di daerah misi.

Fossen juga mengungkapkan apresiasi atas kontribusi personel Polri pada misi UNMISS ini. Fossen mengakui pencapaian personel Polri bagi UNMISS cukup krusial baik pada bidang admisitrati, maupun pengembangan kapasitas.

Kemudian UNPOL Indonesia juga berperan di bidang operasional khusnya dalam persiapan UNMISS mendukung Pemilu yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Sudan Selatan.

Prestasi yang diraih di antaranya menjadi tester bagi para calon peacekeepers dari negara kontributor, membantu evakuasi korban jiwa pada saat konflik antara suku di Malakal pada 28 Mei 2023, melakukan pelatihan/workshop kepada polisi lokal.

Selain itu, UNPOL Indonesia pun menyita ratusan pucuk senpi dan sajam milik warga sipil, dan memimpin cordon and search dengan target ratusan liter Marisa (Minuman lokal) mariyuana, perintis "Peace Begin with me", program kampanye perdamaian antar suku yang bertikai, sampai dengan membangun sumur bor untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat lokal.

Tak hanya itu, Fossen juga memuji Polri yang memberikan sumbangan alat-alat olahraga kepada masyarakat lokal. Selain prestasi di bidang lapangan, prestasi yang tidak kalah pentingnya di antaranya di bidang perencanaan, perencana operasi misi, pengembangan kapasitas kepolisian lokal, audit internal, pengelolaan sumber daya manusia, staf ahli Pimpinan Otoritas Misi.

"Saya juga mengapresiasi kesetaraan gender pengiriman personel Polri yang menjadi IPO Polri di misi pemeliharaan perdamaian PBB," ujar Fossen di Payam UN House, Juba, Sudan Selatan, Rabu (31/1/2024) waktu setempat.

Sementara Krishna Murti dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada otoritas misi UNMISS atas pemberian penghargaan tersebut. Jenderal bintang dua ini menyampaikan Indonesia berkomitmen dalam menjalankan misi pemeliharaan perdamaian PBB.

"Komitmen Indonesia dalam berkontribusi pada Misi Pemeliharaan Perdamaian PBB sangat serius, dan mempersiapkan personel sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan di misi," jelas Krishna Murti.

BERITA TERKAIT