test

News

Rabu, 31 Januari 2024 12:31 WIB

2.304 Personel Gabungan Dikerahkan untuk Pengamanan Demo APDESI di DPR

Editor: Hadi Ismanto

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro saat memberikan arahan. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Sejumlah Asosiasi Kepala Desa (APDESI) yang tergabung dalam Aksi Bersama Desa Jilid III akan menggelar unjuk rasa menuntut Revisi UU Desa di depan DPR/MPR RI, Rabu (31/01/2024).

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan polisi akan megerahkan ribuan personel untuk pengamanan kegiatan tersebut.

"Dalam pengamanan ini kami melibatkan 2.304 personel gabungan dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI dan Instansi terkait," ungkap Susatyo Purnomo Condro saat dikonfirmasi.

Ribuan personel gabungan itu, lanjut Susatyo, akan disebar di sekitar Gedung DPR. Salah satu fokus pengamanan adalah mengantisipasi peserta demo jangan sampai menutup ruas tol.

"Kami juga mengantisipasi jangan sampai nanti massa masuk dan menutup jalan tol yang berada di depan Gedung DPR. Pemadam Kebakaran sudah kami siapkan untuk mengantisipasi bila nanti massa melakukan aksi bakar ban," tuturnya.

Susatyo menyebut untuk penutupan arus lalu lintas di sekitar DPR akan diterapkan situasional. Rekayasa arus lalu lintas akan kami berlakukan melihat perkembangan dinamika dilapangan.

"Bila nanti di depan DPR massanya cukup banyak dan eskalasi meningkat, maka akan kami lakukan penyekatan di Pulau Dua," ujarnya.

Kapolres juga berpesan kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan untuk selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi, utamakan negoisasi dan pelayanan serta Humanis.

"Kami menghimbau kepada para korlap dan peserta aksi untuk melakukan aksi dengan santun, tidak anarkis, menjaga Keamanan dan ketertiban, sehingga kegiatan aksi nanti dapat berjalan dengan aman dan tertib, sesuai dengan harapan kita semua," tukasnya.

BERITA TERKAIT