test

News

Senin, 29 Januari 2024 18:09 WIB

BPBD DKI Jakarta Imbau Warga Waspada Cuaca Ekstrem Tiga Hari Kedepan

Editor: Hadi Ismanto

Cuaca ekstrem diperkirakan terjadi di Jakarta. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengimbau agar warga mewaspadai cuaca ekstrem di wilayah ibu kota selama tiga hari ke depan.

"Waspada cuaca ekstrem pada 29 Januari-1 Februari 2024," ujar Kasatpel Pengolahan Data dan Informasi BPBD DKI Jakarta, Michael Sitanggang saat dikonfirmasi, Senin (29/1/2024).

Peringatan dini tersebut, lanjut Michael, berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Dimana diprediksi ada potensi peningkatan curah hujan.

"Hasil analisis terkini mengidentifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan intensitas sedang-lebat pada 29 Januari - 1 Februari 2024 di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya," tuturnya.

Dia menambahkan, kondisi tersebut dipicu oleh aktivitas Monsun Asia yang disertai adanya potensi seruakan dingin sehingga berpengaruh terhadap peningkatan massa udara basah di wilayah Indonesia bagian barat dan selatan ekuator.

Masih aktifnya gelombang ekuator Rossby dan Kelvin di sekitar wilayah Indonesia bagian tengah juga memicu pembentukan awan hujan, serta terbentuknya pola belokan dan pertemuan angin yang memanjang di selatan ekuator sebagai dampak dari penguatan angin Monsun Asia.

"Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari cuaca ekstrem," tukasnya.

BERITA TERKAIT