test

News

Sabtu, 20 Januari 2024 19:06 WIB

BPBD DKI Jakarta: Waspadai Cuaca Ekstrem Pada 24-26 Januari 2024

Editor: Hadi Ismanto

BPBD DKI Jakarta menyampaikan adanya potensi cuaca ekstrem pada 24-26 Januari 2024. (Foto: PMJ News/Instagram@bpbddkijakarta)

PMJ NEWS - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyampaikan adanya potensi cuaca ekstrem pada 24-26 Januari 2024. Masyarakat diimbau waspada curah hujan sedang hingga lebat selama periode tersebut.

"Waspada cuaca ekstrem Provinsi DKI Jakarta durasi 24-26 Januari 2024," tulis BPBD DKI Jakarta dikutip dari laman Instagram @bpbddkijakarta, Sabtu (20/1/2024).

BPBD menyebutperingatan tersebut merujuk analisis terkini BMKG yang mengidentifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan intensitas sedang hingga lebat di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Kondisi tersebut dipicu oleh peningkatan aktivitas Monsun Asia yang disertai potensi seruakan dingin sehingga dapat menyebabkan adanya peningkatan massa udara basah di wilayah Indonesia bagian barat dan sebelah selatan ekuator.

Kemudian, aktifnya Madden Julian Oscillation (MJO) di sekitar wilayah Indonesia bagian tengah turut memicu potensi peningkatan awan hujan, serta terbentuknya pola belokan dan pertemuan angin yang memanjang di wilayah Laut Jawa dan Pulau Jawa bagian barat hingga bagian tengah yang disebabkan oleh adanya sistem tekanan rendah di sekitar Australia dan di Samudra Pasifik tenggara Papua.

BPBD mengimbau masyarakat selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari cuaca ekstrem. Informasi banjir terkini dapat dipantau melalui situs https://pantaubanjir.jakarta.go.id/peta-banjir-berbasiskan-rt.

BERITA TERKAIT