test

News

Rabu, 17 Januari 2024 12:04 WIB

Tak Melulu Obat, Lima Hal Ini Bisa Turunkan Kolesterol

Editor: Hadi Ismanto

Gejala kolesterol tinggi terkadang sering diabaikan. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Kolesterol tinggi dapat meningkatkan resiko serangan jantung, stroke, dan penyakit arteri perifer. Namun, banyak orang tidak menyadari tingkat kolesterol tinggi karena penyakit ini tidak memiliki gejala yang khas.

Sejatinya kolesterol dapat dikontrol dengan mengonsumsi obat-obatan. Namun jika Anda tidak ingin mengonsumsi, maka kolesterol bisa diatur dengan melakukan beberapa kebiasaan rutin sehari-hari.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (17/1/2024), berikut cara alami turunkan kolesterol tanpa harus minum obat:

1. Konsumsi Makanan Sehat dan Olahraga Rutin
Makan makanan yang sehat tidak lengkap jika tidak diimbangi dengan olahraga. Karena aktivitas fisik seperti olahraga mampu membakar sisa lemak yang menyumbat aliran darah. Maka dari itu, usahakan untuk olahraga minimal 30 menit dalam satu hari.

2. Banyak Konsumsi Serat
Mengkonsumsi serat bisa menjadi salah satu solusi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Karena serat larut bisa menyerap kolesterol ke dalam darah. Contoh makanan tinggi serat adalah oatmeal, kacang merah, apel, kubis, dan pir.

3. Berhenti Merokok dan Minum Alkohol
Rokok dan alkohol memilliki efek yang buruk bagi tubuh. Salah satunya adalah sistem kerja tubuh dalam menangani jumlah kolesterol dalam tubuh. Karena zat yang ada di dalam rokok serta alkohol mampu menyumbat arteri.

4. Konsumsi Lemak Tak Jenuh Tunggal
Lemak tak jenuh tunggal bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan menjaga kadar kolesterol baik. Anda bisa menemukan makanan dengan lemak tak jenuh dari minyak zaitun, minyak canola, kacang almond, alpukat, dan kacang mete.

5. Makan Makanan Rendah Lemak
Kunci utama untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh adalah dengan mengkonsumsi makanan rendah lemak. Karena penyebab utama kolesterol adalah kandungan lemak yang tinggi. Untuk menggantinya, Anda bisa memilih salmon, mackerel, herring, dan lain sebagainya.

BERITA TERKAIT