test

News

Senin, 15 Januari 2024 12:38 WIB

Gratis Serlama 2 Tahun, Depok Akan Punya Bus Seperti TransJakarta

Editor: Fitriawan Ginting

Bus TransJakarta menjadi salah satu sarana transportasi umum. (Fioto: PMJ News/Hadi)

PMJ NEWS - Kabar gembira untuk warga Depok. Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan membangun transportasi bus seperti TransJakarta. Ini setelah bekerja sama dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ). Terdapat lima rute yang akan dibangun dengan rute pertama adalah Terminal Margonda-Stasiun LRT Harjamukti.

Ini terlihat dari situs Pemerintah Kota Depok, saat MoU itu di tandatangani oleh Wali Kota (Walkot) Depok, Mohammad Idris dan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPTJ Suharto di Ruang Edelweis, Lantai 5 Balai Kota Depok, Jumat (12/1/2024).

Dikatakan Idris, kerja sama dengan BPTJ ini sebagai bentuk perhatian pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kepada Pemkot Depok.

"Perhatian bantuan dari pusat, Kementerian Perhubungan dalam hal ini BPTJ yang memfasilitasi, sebab dengan ini nanti masyarakat akan lebih nyaman menggunakan transportasi publik," ungkap Idris di situs Pemerintah Kota Depok, Senin (15/1).

"Untuk sementara akan dibuka rute pertama, yakni dari Terminal Margonda menuju Stasiun LRT Jabodebek Harjamukti. Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa dioperasikan untuk terminal angkutan kota yang ada di Margonda untuk tujuan Stasiun Jatijajar, yang dulu namanya Stasiun Cibubur sekarang namanya Stasiun LRT Harjamukti," lanjutnya.

Nantinya, bus tersebut akan mengangkut warga tanpa biaya (Gratis) selama dua tahun. Bus  juga akan terintegrasi Jabodetabek.

"Bus yang mengangkut warga selama dua tahun masih gratis, bus akan bolak balik, dan nantinya di seluruh Jabodetabek juga akan kita integrasi, itu wacana perencanaan dari BPTJ," terangnya.

"Jadi akan dilihat sukses atau tidak untuk mengoperasikan BTS ini, sukses ini artinya lancar dan warga benar-benar mau menggunakan ini. InsyaAllah nanti akan diberikan penilaian evaluasi oleh BPTJ dan dengan evaluasi ini akan ditambah koridor lainnya," tandasnya.

BERITA TERKAIT