test

Kesehatan

Kamis, 4 Januari 2024 11:05 WIB

Jangan Diremehkan, Lima Tanda Ini Bisa Jadi Gejala Awal Kanker

Editor: Hadi Ismanto

Penting bagi kita untuk mewaspadai hal-hal yang mungkin menjadi gejala awal kanker. (Foto: PMJ News/Ilustrasi)

PMJ NEWS - Kanker menjadi salah satu penyebab kematian seseorang. Namun, hal tersebut bisa dicegah jika mengetahui tanda-tanda kanker sejak dini dan menjalani terapi pengobatan yang tepat.

Evaluasi medis yang tepat waktu, tes diagnostik dan konsultasi dengan profesional kesehatan dapat menghasilkan diagnosis dini dan hasil pengobatan yang lebih baik.

Selain itu pemeriksaan kesehatan rutin, pemeriksaan dan menjaga komunikasi terbuka dengan penyedia layanan kesehatan Anda merupakan komponen penting dari upaya pencegahan dan deteksi kanker yang proaktif.

Seperti dikutip dari laman Times of India, Kamis (4/1/2024), berikut sederet tanda atau gejala kanker pada tubuh:

1. Penurunan Berat Badan Terus-Menerus
Penurunan berat badan yang tidak terduga, terutama jika melebihi 5 persen dari total berat badan Anda dalam waktu singkat, dapat menjadi tanda bahaya berbagai jenis kanker.

Hal tersebut lantaran kanker dapat mengubah metabolisme tubuh sehingga menyebabkan penurunan berat badan, meskipun Anda tidak melakukan perubahan pada pola makan atau rutinitas olahraga.

2. Kelelahan Terus Menerus
Meskipun kelelahan adalah gejala umum dari berbagai kondisi, namun kelelahan yang terus-menerus dan tidak dapat dijelaskan perlu diwaspadai. Bisa jadi ini merupakan indikasi adanya masalah kesehatan, termasuk kanker.

Kelelahan yang berhubungan dengan kanker sering kali tidak membaik setelah istirahat dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika Anda terus-menerus merasa lelah meskipun sudah cukup tidur dan istirahat, penting untuk mendiskusikan gejala ini ke dokter.

3. Perubahan Pada kulit
Perubahan pada kulit, seperti munculnya tahi lalat baru, perubahan ukuran, bentuk, atau warna tahi lalat yang sudah ada, atau berkembangnya pertumbuhan kulit yang tidak biasa, harus dipantau secara cermat.

Perubahan kulit bisa menjadi tanda kanker kulit atau penyakit ganas yang menyerang organ lain. Pemeriksaan kulit secara teratur dan konsultasi segera dengan dokter kulit untuk mengetahui perubahan apa pun sangat penting untuk deteksi dini dan pengobatan.

4. Nyeri yang Berulang
Nyeri adalah gejala kompleks yang dapat timbul dari berbagai kondisi. Nyeri yang terus-menerus dan tidak dapat dijelaskan harus dievaluasi secara menyeluruh. Nyeri terus-menerus yang tidak membaik dengan obat-obatan yang dijual bebas bisa jadi tanda kanker. Maka dari itu, sangat penting untuk memperhatikan lokasi, durasi, dan karakteristik nyeri dan mengomunikasikan ke dokter.

5. Kesulitan Menelan
Kesulitan menelan atau yang juga dikenal sebagai disfagia bisa menjadi gejala kanker esofagus atau tenggorokan. Jika Anda mengalami kesulitan menelan yang terus-menerus, sensasi makanan tersangkut, atau nyeri saat menelan, penting untuk mencari pertolongan medis.

Tes diagnostik seperti endoskopi, mungkin disarankan untuk mengidentifikasi penyebab yang mendasari dan memulai pengobatan yang tepat.

BERITA TERKAIT