test

News

Rabu, 3 Januari 2024 14:37 WIB

Minta Petani Tanam Padi Januari, Jokowi: Maret-April Produksi Beras Naik

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi usai melakukan penanaman padi bersama para petani di Kecamatan Kalibogor, Kabupaten Banyumas. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada para petani untuk memulai tanam padi pada awal Januari ini. Kepala Negara berharap di bulan Maret hingga April nanti ada peningkatan produksi beras.

Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi seusai melakukan penanaman padi bersama para petani di Kecamatan Kalibogor, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (3/1/2023).

"Saya ingin memastikan di awal Januari ini mulai menanam semuanya karena hujan sudah turun. Air berarti kebutuhannya dari hujan sudah tercukupi, sehingga tanam," ungkap Jokowi.

"Di Desember kita tanam 1,4 juta, di Januari 1,7 juta hektare, kemudian Februari 1,4 juta hektare. Jadi kita harapkan ada peningkatan produksi beras kita di masa panen Maret-April mendatang," sambungnya.

Menurut Jokowi, sampai saat ini kerap mendapat keluhan perihal pupuk. Dia berharap dengan adanya penambahan anggaran subsidi pupuk Rp14 triliun dapat meminimalisir persoalan tersebut.

"Kalau petani mesti pupuk, cuma kemarin saya sudah sampaikan pembelian pupuk tak mesti pakai kartu tani bisa pakai KTP dan bersiap untuk masa panen ini 1,7 juta ton pupuk dari Pupuk Indonesia. Saya kira itu mencukupi dan keluhan pupuk saya harapkan tidak ada lagi," terangnya.

"Kemudian subsidi pupuk juga saya sudah meminta ke Mentan Menkeu untuk ajukan dana tambah Rp14 triliun untuk subsidi pupuk," imbuhnya.

BERITA TERKAIT