test

News

Selasa, 26 Desember 2023 18:07 WIB

Survei Litbang Kompas: Tingkat Kepuasan Publik ke Polri Capai 87,8 Persen

Editor: Hadi Ismanto

Gedung Mabes Polri. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Tingkat kepercayaan publik terhadap kinerja Polri kembali meningkat. Berdasarkan Survei Litbang Kompas kepuasan masyarakat terhadap layanan yang dihadirkan Korps Bhayangkara mencapai 87,8 persen.

"Secara rata-rata, tak kurang 87,8 persen publik menyatakan puas atas kinerja yang ditunjukkan oleh Polri. Kinerja Polri dalam melayani publik mendapatkan apresiasi paling tinggi," tulis Survei Litbang Kompas seperti dikutip dari laman Divhumas Polri pada Selasa (26/12/2023).

Dalam survei tersebut juga dijelaskan, tugas Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban (kamtibmas) dinilai sangat positif oleh publik. Lebih dari 89 persen responden sepakat menyatakan puas dengan upaya Polri dalam menjaga kamtibmas.

Untuk penegakan hukum yang dilakukan Polri, empat dari lima responden menilai sangat puas. Sementara, untuk pelayanan pengaduan masyarakat mendapat angka kepuasan 68,7 persen.

Dari data yang dikumpulkan, masyarakat menyatakan pengaduan dapat dilakukan dengan mendatangi langsung kantor polisi. Namun, 16,8 persen responden memilih melakukan pengaduan lewat media sosial.

"Dalam model jawaban multiple response, selain datang langsung ke kantor polisi, sekitar seperlima bagian responden menjawab pengaduan dapat melalui layanan call center Polri," terang survei tersebut.

Sebagai informansi, survei masyarakat ini dilakukan secara tatap muka pada 22 Oktober-15 November 2023. Survei dilakukan terhadap 100 responden untuk setiap wilayah Polda dengan total keseluruhan 3.400 responden menunjukkan capaian sangat positif bagi kinerja Polri.

BERITA TERKAIT