test

News

Jumat, 22 Desember 2023 22:01 WIB

Turunkan Polusi Udara, Transjakarta Tambah Pengoperasian 26 Bus Listrik

Editor: Hadi Ismanto

Pemprov DKI Jakarta akan memperbanyak jumlah bus listrik TransJakarta. (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ NEWS - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) kembali meresmikan pengoperasian 26 unit bus listrik berjenis lowdeck. Dengan tambahan ini, selama tahun 2023 sebanyak 100 unit bus telah mengaspal di Ibu Kota.

Adapun 26 bus yang baru diresmikan nantinya akan melayani dua rute seperti Bundaran Senayan-Pinang Ranti dan Pulo Gadung-Pinang Ranti.

"Pemprov DKI Jakarta dapat menunaikan janji kepada masyarakat untuk mengoperasionalkan sebanyak 100 unit bus listrik di Jakarta tahun 2023," ungkap Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, Jumat (22/12/2023).

Menurut Syafrin, pihaknya terus mengupayakan peningkatan layanan transportasi umum, khususnya milik DKI Jakarta. Hal ini untuk memenuhi mobilitas masyarakat dan menurunkan tingkat polusi udara.

"Kita harapkan dengan operasional 100 bus unit mobil listrik ini maka kemampuan TransJakarta mereduksi emisi karbon dihasilkan oleh bus-bus yang semula solar semakin meningkat," tuturnya.

Disisi lain, Dirut TransJakarta Welfizon Yuza mengatakan bus-bus listrik itu nantinya akan beroperasi pada pukul 05.00-23.00 WIB. Dia menyebut dalam kondisi dicas penuh, bus dapat menempuh jarak hingga 250 kilometer.

"Dengan kapasitas yang ada itu sangat cukup untuk beroperasi seharian. Kemudian nanti jam 11.00 malam balik depo di-cas, kmudian jam 5 pagi siap layanan lagi," terang Welfizon.

BERITA TERKAIT