test

News

Sabtu, 18 November 2023 08:08 WIB

TNI Dalami Penyebab Jatuhnya Pesawat Super Tucano di Pasuruan

Editor: Hadi Ismanto

Kapuspen TNI Laksamana Muda Julius Widjojono. (Foto: Istimewa)

PMJ NEWS - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksda Julius Widjojono mengungkapkan saat ini pihaknya masih mendalami penyebab jatuhnya Pesawat Super Tucano di Pasuruan, Jawa Timur.

"Ya, (pesawat Tucano jatuh) di Pasuruan, untuk penyebab terjadinya accident masih dalam proses penyelidikan," ujar Julius Widjojono dalam keterangannya, Jumat (17/11/2023).

Pesawat dengan tail number TT-3103 dan TT-3111 mengalami lost contact saat melaksanakan misi Profisiensi Formation Flight dengan rute penerbangan Lanud Abd Saleh - local area - Lanud Abd.

Pesawat Take off dari Lanud Abdulrachman Saleh pada pukul 10.51 WIB dan Lost Contact pada Pukul 11.18 WIB. Hingga saat ini dua pesawat dinyatakan mengalami accident setelah mendapat informasi dari warga masyarakat.

Julius menambahkan tim rescue Lanud Abdurahman Saleh melaksanakan penyelamatan pada accident pesawat di daerah Watugede, Pasuruan, Jawa Timur.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispen AU) Marsma TNI R. Agung Sasongkojati bahwa pihaknya akan membentuk tim untuk menginvestigasi penyebab jatuhnya dua pesawat tersebut

“Akan melakukan investigasi dengan melihat faktor-faktor yang dikenal dengan istilah 5 M, Man, Machine, Medium, Mission and Management,” ujar Agung dalam keterangan tertulisnya, Jumat (17/11/2023).

Nantinya, tim yang dibentuk oleh Pusat Kelaikudaraan Dan Keselamatan Terbang dan Kerja (Puslaiklambangja) TNI AU akan menginvestigasi secara menyeluruh penyebab jatuhnya dua pesawat itu.

“Tim akan memeriksa secara langsung kondisi pesawat pasca accident di lokasi kejadian, tim investigasi juga akan menjalani seluruh prosedur dalam menginvestigasi jatuhnya pesawat TNI AU,” ucapnya.

BERITA TERKAIT