test

News

Rabu, 15 November 2023 18:06 WIB

74 Personel Polri untuk Kawal Pengamanan Tiap Capres-Cawapres

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Ramadhan

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Mabes Polri menyiapkan personelnya yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Operasi Mantap Brata Pengamanan Pemilu 2024 yang akan dikerahkan untuk mengawal masing-masing Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres).

“Operasi Mantap Brata di tingkat pusat ada 9 satgas salah satunya adalah Satgas Pam (Pengamanan) Capres/ Cawapres,” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan dalam keterangannya, Rabu (15/11/2023).

Ramadhan menuturkan bahwa masing-masing Capres-Cawapres disiapkan 74 personel pengamanan yang terbagi menjadi 2 tim, dengan masing-masing tim terdiri dari 37 personel.

“Masing-masing calon disiapkan dua tim, satu tim berjumlah 37 orang,” ucapnya.

Adapun rinciannya yakni setiap tim terdiri dari 9 personel yang bertugas menjadi asisten pribadi (spri) dan ajudan (ADC) untuk capres-cawapres dan istrinya, serta perwira penghubung protokol (Pabungkol).

Selanjutnya yakni 21 personel bertugas pengamanan dengan pengawalan yakni pengawal pribadi (walpri), pengamanan dan penyelamatan (matan) dan tenaga medis. Lalu dengan adanya 7 personel yang menjadi pengawalan lalu lintas (wal lantas).

“Spri ADC bapak, ADC ibu dan pabungkol 9 orang. Pam dan Wal, walpri, matan dan tenaga medis 21 orang,” katanya.

Oleh karenanya, dengan adanya 3 pasangan Capres-Cawapres yaitu Anies-Cak Imin, Prabowo-Gibran, dan Ganjar-Mahfud, maka 222 personel yang terbagi dalam pengamanan itu akan bertugas mengawal masing-masing pasangan selama Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

BERITA TERKAIT