test

News

Rabu, 25 Oktober 2023 13:05 WIB

Jokowi Resmi Lantik Andi Amran Sulaiman Menjabat Menteri Pertanian

Editor: Fitriawan Ginting

Jokowi Resmi Lantik Andi Amran Menjadi Menteri Pertanian Gantikan SYL. (Foto: PMJ/Dok Setkab).

PMJ NEWS -  Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Andi Amran Sulaiman  sebagai Menteri Pertanian (Mentan) menggantikan Syahrul Yasin Limpo yang saat ini sedang tersandung kasus hukum dugaan korupsi. Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (25/10/2023) pagi.

Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 101/P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju Tahun 2019-2024 yang dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti.

Presiden Jokowi memimpin pembacaan sumpah jabatan yang ditirukan oleh Amran Sulaiman.

"Demi Allah bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik baiknya dengan penuh rasa tangung jawab," ucap Amran Sulaiman.

Pelantikan dihadiri sejumlah pejabat negara, antara lain Menko Polhukam Mahfud MD, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, serta Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Diketahui, Amran Sulaiman sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Pertanian periode 2014-2015. Saat itu, Amran menjadi menteri di Kabinet Kerja yang juga dipimpin oleh Presiden Jokowi.

BERITA TERKAIT