test

News

Sabtu, 7 Oktober 2023 16:06 WIB

RS Polri: Ibu Grace Kasus Depok Punya Penyakit Jantung dan Paru Kronis

Editor: Ferro Maulana

Penulis: Fajar Ramadhan

Dokter Rumah Sakit Polri, Astri. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS -  Kedokteran Forensik melalui Tim Rumah Sakit Polri mengungkap penyakit yang diderita oleh ibu Grace Arijani Harahap alias GAH (64) yang ditemukan tewas di kamar mandi bersama dengan anaknya, David Arianto Wibowo (38).

Dokter Rumah Sakit Polri, Astri, menyampaikan bahwa timnnya bersama tim kedokteran Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) melakukan pemeriksaan histopatologi forensik untuk mengetahui dugaan penyakitnya dengan sampel jantung, paru, ginja, otot dada, usus-usus ya ada usus 12 jari, usus halus, usus besar, lambung dan serta aorta.

“Dari hasil pemeriksaan tim dokter menunjukkan bahwa jenazah ini menderita penyakit kronis pada paru yang secara spesifik disebut dengan gudem paru atau sembah paru,” ujar Astri dalam konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Jumat (6/10/2023).

“Kemudian ada juga pneumokoniosis dan penyakit jantung menahun, penyakit jantung yang kronis serta penebalan pada dinding pembuluh darah jantung,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Astri menyebutkan bahwa Penyebab dari kematian Grace yakni kondisi organ tubuh korban yang mengalami kekurangan oksigen dalam ruangan.

“Kami merumuskan bahwa keadaan kelainan organ-organ dalam pada jenazah ini akan mengakibatkan risiko kerentanan yang tinggi pada kondisi kurangnya O2 dalam ruangan. Sehingga terjadi absorpsi pada jenazah ini pada masa hidupnya sehingga menyebabkan kematian,” tandasnya.

BERITA TERKAIT