test

Kesehatan

Kamis, 21 September 2023 10:04 WIB

Catat, Ini Alasan Medis Bernapas dari hidung Lebih Baik Dibanding Mulut

Editor: Hadi Ismanto

Bernapas dari hidung ini jauh lebih baik dibandingkan lewat mulut. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Anda sudah pasti sering mendengar bahwa bernapas dari hidung ini jauh lebih baik dibandingkan lewat mulut. Hal ini banyak dipublikasikan melalui sejumlah penelitian maupun jurnal

"Dari sudut pandang evolusi, itu adalah cara standar, bernapas melalui hidung," ujar Kepala THT Rumah Sakit Mount Sinai Brooklyn, dr Sam Huh seperti dilansir dari laman Huff Post, Kamis (21/9/2023).

Menurut dr Huh, pada dasarnya manusia hanya bisa bernapas melalui hidung. Dia menyebut setidaknya ada sejumlah alasan bernapas melalui hidung lebih baik.

Pertama, bulu hidung menyaring sebagian kotoran yang dihirup. Hidung juga memiliki banyak lendir, yang dapat menjebak benda-benda kecil yang berpotensi berbahaya seperti spora jamur atau serbuk sari, atau bahkan bakteri, dan beberapa virus.

"Paru-paru harus selalu lembap agar tetap terbuka dan berfungsi dengan baik," ucap dr Huh.

Ditambah lagi, secara fisiologis, hidung dirancang untuk memperlambat aliran udara sehingga memanaskannya hingga mencapai suhu tubuh.

"Sehingga ketika udara sampai ke paru-paru, udara menjadi lembab sepenuhnya," ucap seorang asisten profesor THT di Vanderbilt Health di Nashville, Amerika Serikat, dr Kenneth Fletcher.

"Tahukah Anda betapa sakitnya bernapas saat berada di luar ruangan di udara musim dingin yang kering? Jadi itu lah alasannya," imbuh dr Fletcher.

Penting untuk diketahui bahwa meskipun bernapas melalui hidung secara keseluruhan lebih baik, ada kalanya bernapas lewat mulut diperlukan, seperti saat melawan flu. Jadi, sebaiknya tidak mencoba menghentikan pernapasan mulut sama sekali.

"Ini tidak berarti bernapas melalui mulut buruk bagi Anda. Hanya saja bernapas melalui hidung lebih baik," tutur ahli rhinologi di Yale Medicine, dan profesor bedah-otolaringologi di Yale School of Medicine, dr Peter Manes.

BERITA TERKAIT