test

Suara Pemilu

Rabu, 13 September 2023 09:06 WIB

Bawaslu Segera Umumkan Hasil Kajian Tayangan Adzan Bacapres di TV

Editor: Hadi Ismanto

Ketua Bawaslu, Rahmat Bagja saat acara Workshop bertema 'Menyongsong Karir Politik dengan Penyelenggara Berintegritas'. (Foto: PMJ News/Dok Bawaslu)

PMJ NEWS - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI akan mengumumkan hasil kajian terkait tayangan adzan Magrib yang menampilkan bakal calon presiden (bacapres) PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo di salah satu stasiun TV.

"Adzan masih proses lama. Kita imbau kepada parpol peserta pemilu untuk tidak menggunakan hal-hal yang berkaitan dengan politik identitas," kata Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (12/9/2023).

"Belum ada capres saat ini, belum ada capres, tapi kita lagi kaji lembaga pemyiarannya," sambungnya.

Lebih lanjut Bagja mengungkapkan, pihak Bawaslu akan berkoordinasi dengan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengenai polemik ini sebagai lembaga yang berwenang.

"Tentu kita akan koordinasi dengan KPI, karena ini salah satunya domain penyiaran dan Bawaslu. Saat ini kami lagi koordinasi, kita tunggu ya dalam beberapa hari ini," tuturnya.

Bagja berharap polemik serupa tidak terjadi lagi. Dia menyinggung ihwal kampanye di media elektronik telah diatur dalam Peraturan KPU (PKPU), namun hanya selama masa kampanye berlangsung.

"Kami harapkan tidak terjadi lagi, ini tahapan sosialisasi. Ini juga ada beberapa stasiun TV menayangkan ada mars, beberapa peserta pemilu," tukasnya.

BERITA TERKAIT