test

News

Senin, 11 September 2023 12:04 WIB

Hadapi Intoleransi, Perlunya Demokrasi Dikelola Dengan Baik

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Ramadhan

Kepala BNPT Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel. (Foto: PMJ/Ist).

PMJ NEWS - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel menyebutkan perlunya pengelolaan dengan baik dalam proses demokrasi di masyarakat.

Rycko menilai pengelolaan tersebut khususnya agar tidak menyebabkan friksi, khususnya dalam menghadapi intoleransi.

“Faktor intoleransi adalah bibit utama dari radikalisme, kalau tidak dikelola dengan baik akan ada friksi-friksi di masyarakat,” ujar Rycko dikutip dari laman BNPT, Senin (11/9/2023).

Hal tersebut disampaikannya mengacu dari hasil survei Litbang Kompas 2023 yang menempatkan intoleransi di posisi pertama faktor penyebab polarisasi masyarakat jelang Pemilu 2024.

Termasuk faktor-faktor yang harus diwaspadai dalam intoleransi seperti hoaks, politik pemecah belah dan lain sebagainya yang merebak di tengah masyarakat.

Rycko menambahkan perlunya mekanisme bersama dari pemerintah, tokoh agama, masyarakat, ssrta akademisi dan media turut serta membangun kesadaran dan membangun ketahanan nasional, dan juga menciptakan iklim demokrasi yang sehat.

“Harus dibuat mekanisme secara kebersamaan, dengan tokoh agama, masyarakat, melibatkan semua pihak, jangan kita jadikan demokrasi untuk melakukan kebebasan yang kebablasan,” tandasnya.

BERITA TERKAIT