test

News

Minggu, 3 September 2023 19:08 WIB

TNI Gerebek Markas KKB, Tiga Orang Anak Buah Egianus Kogoya Tewas

Editor: Hadi Ismanto

Personel TNI menggerebek markas kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya. (Foto: PMJ News/Istimewa)

PMJ NEWS - Personel TNI menggerebek markas kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan. Dalam operasi tersebut, setidaknya tiga orang anggota KKB dilaporkan tewas.

Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen Izak Pangemanan membenarkan adanya penggerebekan itu. Menurut dia, operasi ini dilaksanakan pasca tewasnya tiga warga sipil pada 16 Agustus 2023.

"Tindakan operasi kemarin adalah akibat dari terbunuhnya tiga orang masyarakat sipil oleh KKB di Batas Batu," ujar Mayjen Izak Pangemanan kepada wartawan, Minggu (3/9/2023).

Izak menjelaskan, penggerebekan markas KKB itu dilakukan pada Jumat (1/9) di Kampung Aluguru, Distrik Krepkuri, Kabupaten Nduga. TNI juga mengamankan sejumlah barang bukti.

"Dalam operasi ini, pasukan kita berhasil mengamankan sejumlah barang bukti seperti senjata, amunisi, peralatan serta dokumen yang mengindikasikan aktivitas TPNPB-OPM, juga tidak ada korban di pihak TNI," ungkapnya.

Sempat terjadi kontak tembak antara TNI dan KKB pimpinan Egianus Kogoya. Dalam kontak tembak itu menewaskan tiga anggota KKB bernama Army Tabuni, Ganti Gwijangge, dan satu lainnya yang belum teridentifikasi.

"Kontak tembak terjadi, sehingga mengakibatkan tiga anak buah Egianus Kogoya tewas," tukasnya.

BERITA TERKAIT