test

News

Jumat, 25 Agustus 2023 18:22 WIB

Tanggapi Usulan Pembubaran KPK, Jokowi: Lembaganya Bagus, Tiap Bulan OTT

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memiliki sistem yang bagus dan sering melakukan operasi tangkap tangan (OTT).

Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi ketika menanggapi adanya wacana atau usulan pembubaran KPK yang diusulkan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri.

"Lembaganya kan bagus. Sistemnya sudah bagus, tiap bulan juga ada OTT," ujar Jokowi di Pasar Brahrang, Binjai, Sumatra Utara, Jumat (25/8/2023).

Kendati begitu, Jokowi tetap menilai keberadaan KPK tetap harus dievaluasi. Presiden menyebut setiap lembaga pasti ada kekurangan yang harus dievaluasi dan diperbaiki.

"Saya kira semua lembaga ada kurangnya. Saya kira itu yang harus diperbaiki, dievaluasi," ucapnya.

Sebelumnya, Megawati mengungkapkan dirinya pernah mengusulkan pembubaran KPK kepada Presiden Jokowi. Dia menilai keberadaan KPK tidak efektif dalam menangani korupsi di Indonesia.

"Udah deh bubarin aja itu pak. Jadi menurut saya nggak efektif. Ibu nih kalau ngomong cespleng," tutur Megawati di acara acara sosialisasi buku teks utama pendidikan Pancasila, Senin (21/8/2023).

BERITA TERKAIT