test

Suara Pemilu

Jumat, 25 Agustus 2023 14:23 WIB

BEM Undang Tiga Kandidat Capres Debat di Kampus, Begini Tanggapan KPU

Editor: Hadi Ismanto

Ketua Komisi Pemilihan Umum RI, Hasyim Asy'ari saat memberikan keterangan pers.(Foto: PMJ News/Dok KPU)

PMJ NEWS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) angkat bicara soal Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang mengundang Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto untuk debat di kampus.

"Dalam pandangan saya, Mas Anies, Mas Ganjar dan Pak Prabowo, belum siapa-siapa dalam konteks Pemilu Presiden (Pilpres) 2024," ujar Ketua KPU, Hasyim Asy'ari dalam keterangannya yang dikutip pada Jumat (25/8/2023).

Menurut Hasyim, penilaian tersebut karena pendaftaran bakal pasangan calon Pilpres 2024 belum dimulai. Dia mengatakan, seseorang akan dinyatakan sebagai calon presiden saat telah dinyatakan memenuhi syarat.

"Pendaftaran bakal pasangan calon Pilpres 2024 nanti bulan Oktober 2023. Dalam konteks pencalonan terdapat tiga tahapan, yaitu rekrutmen dan seleksi di internal partai, dan kemudian dilanjutkan dengan pendaftaran bakal pasangan calon Pilpres 2024 oleh partai politik ke KPU," tuturnya.

"Seseorang disebut sebagai bakal calon bila orang itu didaftarkan oleh parpol ke KPU, dan seseorang disebut sebagai calon pada saat dinyatakan memenuhi syarat (MS) dan ditetapkan calon tetap sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden," imbuhnya.

Lebih lanjut Hasyim menekankan bahwa saat ini belum masuk dalam tahapan pendaftaran bakal pasangan calon Presiden 2024. Dengan begitu, ketiganya bahkan belum menjadi bakal calon presiden.

"Saat ini masih bulan Agustus 2023, belum masuk tahapan pendaftaran bakal pasangan calon Pilpres 2024. Jangankan jadi calon, sebagai bakal calon presiden saja belum," tuturnya.

BERITA TERKAIT