test

News

Minggu, 30 Juli 2023 16:17 WIB

Mendag: Harga Cabai-Bawang Stabil, Telur Ayam Masih Tinggi

Editor: Hadi Ismanto

Mendag Zulkifli Hasan tunjukkan Minyakita. (Foto: PMJ/Dok Kemendag).

PMJ NEWS - Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan alias Zulhas mengakui harga telur saat ini sedang tinggi. Namun, untuk harga cabai, bawang, dan beras stabil.

Hal itu disampaikannya di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, sesaat sebelum mengikuti

"Harga-harga sudah stabil (seperti) cabai, bawang, dan beras. Memang masih mahal itu telur ayam, masih Rp 31 ribu per kilogram," jelas Zulkifli Hasan saat menghadiri acara Jalan Sehat Bappebti, Minggu (30/7/2023).

Selain harga komoditas kebutuhhan pokok tersebut, Zulhas juga menyinggung soal harga ayam. "Ayam sudah Rp39 ribu - Rp40 ribu, sudah hampir normal. Kalau Rp38 ribu - Rp39 ribu itu normal," ucapnya.

Berdasarkan data Pusat Information Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, harga telur ayam naik Rp200, menjadi Rp32.150 per kilogram.

Sebelumnya, Direktur Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan, tingginya harga telur ayam menjadi pemicu yang tak terhindar kan. Hal ini disebabkan oleh kenaikan biaya produksi yang membebani produsen.

Menurut Arief, hal ini terjadi di seluruh dunia. Dia menyebut adanya volatilitas harga telur ayam kampung dan daging ayam di pasar mendekati keseimbangan baru.

 

BERITA TERKAIT