test

Olahraga

Jumat, 21 Juli 2023 18:00 WIB

Serunya Permainan Cornhole, Cetak Poin Masukkan Karung ke Lubang

Editor: Ferro Maulana

Permainan Cornhole. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS -  Cornhole merupakan permainan rumput yang populer di Amerika Utara. Setiap pemain atau tim secara bergiliran melempar kantong kain ke papan miring yang ditinggikan dengan lubang di ujungnya.

Adapun tujuan permainan ini yaitu untuk mencetak poin dengan mendaratkan karung di papan (satu poin) atau memasukkan karung ke dalam lubang (tiga poin).

Pada awalnya, tentara perang dunia bermain Cornhole. Setelah itu, Cornhole mulai populer dimainkan di halaman belakang rumah saat kumpul keluarga. Pertandingan cornhole dimainkan dengan dua set yang terdiri dari empat kantong (total delapan kantong), dua papan, dan dua, empat, atau delapan pemain.

Terdapat empat kantong dalam satu set. Setiap set kantong harus dapat dibedakan satu sama lain, biasanya dengan menggunakan warna yang berbeda. Peraturan American Cornhole League mengharuskan tas kain double-seamed berukuran 6 kali 6 inci dan beratnya 15,5 hingga 16,5 ons.

Meskipun tas biasanya diisi dengan biji jagung yang diawetkan (karenanya disebut "lubang jagung") atau biji kering, namun saat ini tas dapat diisi dengan dengan resin plastik atau bahan lain yang akan menjaga berat dan bentuk yang konsisten selama banyak lemparan tanpa berubah bentuk.

Kantong biasanya memiliki dua sisi, dengan masing-masing sisi kantong memiliki bahan yang berbeda yang dapat memengaruhi cengkeraman dan bereaksi lebih cepat atau lebih lambat pada permukaan papan.

Tas yang lebih cepat sering kali lebih disukai dalam kondisi lembab ketika tas tidak akan mudah meluncur. Selain itu, pemain profesional dapat memilih bahan yang berbeda tergantung pada gaya lemparan mereka.

Pemain dengan lemparan yang lebih rendah dan lebih cepat dapat menggunakan lebih banyak rotasi dan lebih memilih bahan tas yang lebih lambat, sedangkan pemain dengan lemparan yang lebih tinggi dan lebih lambat dapat menggunakan lebih sedikit rotasi dan lebih memilih tas yang lebih reaktif.

Sementara itu, di Amerika dan beberapa negara lain, Cornhole sudah menjadi cabang olahraga. Saat ini, Cornhole Indonesia sudah mulai memperkenalkan Cornhole kepada masyarakat. Cornhole Indonesia telah menggelar beberapa kompetisi yang diikuti oleh peserta dari segala usia.

Tak hanya di Jakarta, kompetisi juga pernah dilakukan di Medan dan Malang. Dalam waktu dekat, Cornhole Indonesia juga akan meggelar turnamen di salah satu pusat perbelanjaan Jakarta Selatan pada tanggal 29 Juli 2023. Juara dari turnamen-turnamen tersebut akan mengumpulkan poin yang akan terus diakumulasi dalam kompetisi berikutnya. Informasi mengenai kompetisi dan komunitas Cornhole dapat dilihat melalui media sosial Cornhole Indonesia.

BERITA TERKAIT