test

News

Senin, 12 Juni 2023 20:33 WIB

El Nino Pengaruhi Naiknya Kasus DBD, Kemenkes: Tahun Ini Harus Waspada

Editor: Hadi Ismanto

Kemenkes minta masyarakat waspada DBD. (Foto: Dok PMJ News)

PMJ NEWS - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memprediksi kasus demam berdarah atau DBD yang tergolong Neglected Tropical Deseases (NTD) akan semakin meningkat di tahun ini.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes, Imran Pambudi mengatakan hal ini dipengaruhi oleh fenomena El Nino dan IOD Positif yang berbarengan.

"Kalau dilihat jumlah kasus pada tahun 1968, maka kita lihat polanya kasus-kasusnya tinggi akan terjadi pada saat adanya El Nino,” ujar Imran dalam konferensi pers daring, Senin (12/6/2023).

Mencermati fenomena El Nino di masa lampau, lanjut Imran, kondisi serupa di tahun ini menyebabkan suhu yang meningkat. Berdasarkan penelitian, nyamuk akan semakin ganas saat berada di suhu yang lebih panas.

"Jadi frekuensi dia menggigit anak meningkat 3-5 kali lipat di atas 30 derajat. Tahun ini kita harus waspada karena kita sekarang masuk ke El Nino," tuturnya.

Menurut Imran, kondisi akan diperparah dengan kondisi air yang sulit dan genangan yang tidak tersalurkan. Alhasil, saat kondisi nyamuk lebih ganas dan makin berkembang biak, kejadian bisa lebih masif.

"Mungkin seminggu sekali atau 3-4 hari hujan. Ada tampungan air di ban bekas, di kaleng, di sampah, ini jadi breeding place," ucapnya.

BERITA TERKAIT