test

News

Senin, 29 Mei 2023 09:06 WIB

Menangi Pemilu, Erdogan Resmi Terpilih Jadi Presiden Turki

Editor: Hadi Ismanto

Recep Tayyip Erdogan memenangkan pemilihan presiden (pilpres) Turki. (Foto: PMJ News/National Turk)

PMJ NEWS - Calon Presiden petahana, Recep Tayyip Erdogan akhirnya memenangkan pemilihan presiden (pilpres) Turki usai unggul dari pesaingnya di pemilu putaran kedua. Erdogan kembali memimpin negara itu untuk lima tahun ke depan hingga 2028.

"Berdasarkan hasil sementara, telah ditentukan bahwa Recep Tayyip Erdogan terpilih sebagai presiden," ujar Ketua Dewan Pemilihan Tertinggi, Ahmet Yener seperti dikutip AFP dari kantor berita negara Anadolu, Senin (29/5/2023).

Dalam pemungutan suara putaran kedua, Erdogan unggul tipis atas capres oposisi Kemal Kilicdaroglu dengan perolehan 52 persen suara. Sementara pesaingnya hanya meraup 48 persen suara.

"Saya berterima kasih kepada setiap anggota bangsa kita karena telah mempercayakan saya dengan tanggung jawab untuk memerintah negara ini sekali lagi selama lima tahun mendatang,” ungkap Erdogan tulis VOA.

"Saya ingin berterima kasih kepada semua warga negara kami yang menunjukkan keinginan mereka untuk masa depan, baik untuk diri mereka sendiri maupun anak-anak mereka, dengan memberikan suara mereka dalam pemilu," sambungnya.

BERITA TERKAIT