test

News

Selasa, 2 Mei 2023 17:02 WIB

Koordinasi dengan Polri, KPK Telusuri Aset Kekayaan AKBP Achiruddin

Editor: Hadi Ismanto

AKBP Achiruddin Hasibuan, ayah dari tersangka Aditya Hasibuan yang terlibat kasus penganiayaan. (Foto: PMJ News/Facebook)

PMJ NEWS - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mengusut asal-usul kekayaan mantan Kabag Bin Ops Ditnarkoba Polda Sumut, AKBP Achiruddin Hasibuan yang dinilai janggal.

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan mengatakan pihaknya saat ini masih mengumpulkan data terkait aset properti hingga kendaraan milik AKBP Achiruddin.

"Sedang kumpulin data dan informasi keuangan, properti, kendaraan, dan lain-lain," ujar Pahala Nainggolan kepada wartawan, Selasa (2/5/2023).

Dia menambahkan, pihak KPK juga akan berkoordinasi dengan Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Polri dalam proses pengusutan aset tak wajar AKBP Achiruddin.

"Koordinasi dengan Itwasum Polri," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) memblokir rekening eks Kabag Bin Ops Direktorat Narkoba Polda Sumatera Utara, AKBP Achiruddin Hasibuan.

"Iya (rekening AKBP AH diblokir)," ujar Kepala PPATK Ivan Yustiavandana saat dikonfirmasi, Kamis (27/4/2023).

Ivan menyebutkan bahwa berdasarkan analisis sementara yang dilakukan pihaknya diketahui nilai yang berada di rekening AKBP AH sangat signifikan.

“Nilai (di rekening AKBP AH) sangat signifikan,” ucapnya.

Dalam keterangan terpisah, Humas PPATK Natsir Kongah menyampaikan bahwa nilai yang berada di dua rekening AKBP AH yang diblokir mencapai puluhan miliar rupiah.

"Dari dua rekening (yang diblokir) itu, ada puluhan milyar,” jelas Natsir.

BERITA TERKAIT