test

News

Jumat, 28 April 2023 11:23 WIB

Menlu Retno Sebut Pemulangan WNI Tahap Dua dan Tiga pada 29-30 April

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Ramadhan

Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi. (Foto: PMJ News/YouTube Kemenlu).

PMJ NEWS - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan proses evakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Sudan untuk dipulangkan ke Tanah Air dilakukan dengan beberapa tahap.

Tahap pertama yakni dilakukan hari ini Jumat (28/4/2023) dengan total sebanyak 385 WNI yang tiba di Indonesia. Pemulangan tahap kedua dan tahap ketiga akan dilakukan tanggal 29 dan 30 April 2023.

“Menurut rencana, pemulangan ke Indonesia tahap kedua akan dilakukan 29 April, tiba di Indonesia 30 April,” kata Retno dalam keterangannya, Jumat (28/4/2023).

“Dan pemulangan tahap ketiga, sekaligus menutup seluruh proses evakuasi, akan dilakukan 30 April dengan menggunakan pesawat TNI AU,” sambungnya.

Retno menuturkan, proses evakuasi WNI di Sudan kali ini menggunakan pola evakuasi secara estafet, dari evakuasi darat dari Khartoum ke Port Sudan. Kemudian dari Port Sudan ke Jeddah melalui jalur laut ataupun udara, dan selanjutnya dipulangkan bertahap ke Indonesia.

“Pola evakuasi ini kita jalankan untuk merespon situasi lapangan yang sangat cair dan dinamis dan dengan tujuan untuk segera mengeluarkan WNI dari wilayah konflik yang berbahaya. Alhamdullillah pola ini berjalan dengan lancar dan kita bahkan membantu beberapa WNA untuk ikut dalam evakuasi kita,” jelasnya.

BERITA TERKAIT