test

News

Selasa, 11 April 2023 18:03 WIB

Jokowi Minta Kapolri Tambah Personel di Daerah Rawan Saat Mudik Lebaran

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi saat akan meninjau Pelabuhan Merak. (Foto: PMJ News/BPMI Setpres)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau kesiapan mudik Lebaran 2023 di Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (11/4/2023). Dalam Tinjauannya, Kepala Negara menyoroti soal keselamatan para pemudik

Oleh karena itu, Jokowi meminta kepolisian menambah jumlah pemudik di sejumlah daerah rawan selama arus mudik lebaran 2023. Menurut dia, banyak pemudik yang khawatir soal keamanan di sepanjang jalur mudik di Sumatra.

"Pak Kapolri nanti akan jelaskan. Tapi yang jelas, aparat keamanan akan ditambah untuk daerah-daerah yang rawan, nanti dijelaskan secara rinci oleh Kapolri," ujar Jokowi usai meninjau Pelabuhan Merak di Cilegon, Senin (11/4/2023).

Diberitakan sebelumnya, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo bersama dengan instansi lintas sektoral terkait melakukan peninjauan ke Pelabuhan Merak guna memastikan kesiapan arus mudik dan arus balik Hari Raya Idul Fitri tahun 2023.

Peninjauan tersebut merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menginstruksikan kepada lembaga/institusi atau kementerian terkait untuk lebih awal bergerak mewujudkan mudik aman dan nyaman.

"Sesuai arahan Pak Presiden kami di bawah jajaran Menko PMK diminta untuk lebih awal melakukan pengecekan dan perencanaan bersama," ujar Sigit di Pelabuhan Merak, Senin (10/4/2023).

"Sehingga kesiapan dalam menghadapi arus mudik dan balik tahun 2023 ini bisa lebih baik, karena memang ada peningkatan terhadap jumlah pemudik yang akan kembali," sambungnya.

Sigit menambahkan, persiapan sudah dilakukan dengan baik. Mulai dari penambahan kapasitas rest area, tempat parkir, serta penggunaan Pelabuhan Ciwandan yang diputuskan pemerintah untuk dioperasionalkan sebagai alternatif Pelabuhan Merak.

BERITA TERKAIT