test

Kesehatan

Minggu, 9 April 2023 12:41 WIB

Sering Jadi Camilan Saat Ramadhan, Ini Lima Manfaat Kolang Kaling

Editor: Hadi Ismanto

Kolang kaling memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Hampir semua orang tentu sudah tidak asing lagi dengan kolang kaling. Makanan berwarna putih bening dengan tekstur yang padat dan kenyal ini kerap diolah menjadi hidangan pencuci mulut dan campuran es buah saat bulan Ramadhan.

Kolang kaling ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Olahan dari buah pohon aren ini mengandung karbohidrat, serat, protein, vitamin A, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, hingga antioksidan.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (9/4/2023), berikut sejumlah manfaat yang dapat Anda peroleh dengan mengonsumsi kolang-kaling:

1. Melancarkan Pencernaan
Sebagai salah satu makanan tinggi serat, kolang-kaling bermanfaat baik untuk menyehatkan saluran pencernaan. Hal ini karena serat di dalam kolang-kaling mampu melancarkan buang air besar dan mencegah terjadinya konstipasi.

2. Menjaga Kadar Gula Darah
Sejumlah penelitian menunjukkan serat kolang-kaling memiliki senyawa polisakarida galactomannan yang mampu menurunkan kadar gula darah dan mencegah diabetes.

Meski demikian, penelitian tersebut masih terbatas pada uji coba di laboratorium. Oleh karena itu, efektivitas kolang-kaling untuk mengontrol kadar gula darah masih perlu diteliti lebih lanjut.

3. Cegah Osteoporosis
Kolang-kaling sangat berkhasiat untuk menguatkan tulang, juga membantu menghindari tulang terkena osteoporosis. Buah ini memiliki 91 kalsium dan 243 fosfor per 100 gram.

Jika Anda rutin mengonsumsinya, membantu menjaga kesehatan dan tulang menjadi lebih kuat. Osteoporosis adalah kondisi saat kualitas kepadatan tulang menurun yang membuat tulang menjadi keropos dan rentan retak.

4. Mengobat Radang Sendi
Kolang-kaling juga bermanfaat sebagai obat radang sendi, di mana kandungan zat galaktomanan yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan atau minimalnya dapat meredakan penyakit pada radang sendi.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Kolang-kaling yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kaya akan nutrisi dan vitamin, sehingga membantu tubuh menangkal berbagai penyakit.

Kandungan seperti kalium, zink, zat besi, serta kalsium akan membantu proses metabolisme yang bekerja di dalam sel-sel tubuh Anda.

BERITA TERKAIT