test

News

Kamis, 6 April 2023 14:03 WIB

Perhatian! Pemudik dengan Motor Diimbau Manfaatkan Bus Gratis

Editor: Fitriawan Ginting

Pemudik Lebaran beberapa tahun lalu gunakan motor sangat padat. (Foto: PMJ News/Istimewa)

PMJ NEWS - Libur Lebaran 2023 diprediksi akan terjadi lonjakan pemudik yang mencapai 123,8 juta orang. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Menteri Perhubungan terus melakukan optimalisasi guna memberikan kenyamanan kepada masyarakat selama perjalanan mudik.

Selain menyiasati dengan memajukan hari cuti bersama, hal lain yang ditekankan oleh Menhub adalah koordinasi antar pemangku kepentingan juga diperlukan untuk memberikan kelancaran pada masa mudik.

"Kita ingin mudik Lebaran tahun ini berkesan baik. Dengan adanya lonjakan pergerakan masyarakat yang tinggi, tentunya kami akan mempersiapkannya dengan all out," jelas Budi Karya Sumadi, dilansir dari laman resmi Kementerian Perhubungan.

Di samping itu, melihat lonjakan pemudik tersebut, ia juga mengimbau kepada masyarakat yang ingin mudik menggunakan kendaraan bermotor roda dua untuk beralih dengan memanfaatkan layanan mudik gratis yang banyak diselenggarakan oleh berbagai instansi.

"Dengan kerendahan hati, saya mohon agar masyarakat tidak melakukan perjalanan jauh dengan sepeda motor karena sangat berbahaya bagi keselamatan. Gunakan motor hanya untuk perjalanan jarak dekat," tambahnya.

Menhub menjelaskan, program mudik gratis ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengurangi jumlah pemudik pengguna sepeda motor, dimana pada tahun ini diprediksi pengguna sepeda motor mencapai 25,13 juta orang atau 20,3% dari total prediksi pemudik tahun ini yang mencapai 123,8 juta orang.

“Dengan semakin banyaknya kuota mudik gratis, kita harapkan dapat menekan jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor, mengurangi angka kecelakaan yang banyak melibatkan pengguna sepeda motor, dan sekaligus juga dapat mengurangi kepadatan di jalan,” tandasnya.

BERITA TERKAIT