test

Kesehatan

Minggu, 1 Desember 2019 10:37 WIB

Kamu Harus Tahu, Ini Perbedaan Jenis-jenis Batuk Dalam Dunia Medis

Editor: Ferro Maulana

Jenis batuk. (Foto: Dok Net/ Ilustrasi)

PMJ – Ada banyak variasi dari bagaimana kita batuk. Berikut merupakan beberapa informasi perbedaan batuk-batuk arti tersembunyinya terhadap kesehatan tubuh kita.

Pertama, ada batuk kering yang tidak mengeluarkan dahak atau lendir, yang biasanya terjadi karena penyakit pernapasan seperti pilek dan flu. Batuk ini berkembang karena terlalu sedikit ada lendir di tenggorokan, membuat rasa gatal dan tidak dapat berhenti batuk.

Perlu diketahui, batuk kering biasanya akan hilang sendiri. Namun, batuk kering yang kronis dan berlamaan hilangnya perlu dikhawatirkan karena dapat disebabkan asma, kanker paru-paru, dan penyakit refluks gastroesofagus dimana asam lambung telah “menyasar” di tenggorokan.

Kedua, batuk berdahak yang biasanya disebabkan oleh infeksi seperti flu hingga infeksi dada. Apabila memiliki infeksi dada, batuk berdahak ini mungkin mengandung sedikit darah merah. Batuk berdahak dapat disebabkan oleh Bronkiektasis, rusaknya saluran udara paru-paru, pneumonia, hingga penyakit paru kronis.

Ketiga dan terakhir, batuk rejan yang cukup unik dan terdengar seperti “whoop” yang diakibatkan infeksi saluran pernapasan, dan sangat mudah menular. Hal tersebut sangat berbahaya untuk orang-orang hingga bayi yang belum pernah mendapatkan suntikan vaksin karena batuk ini hanya dapat disembuhkan oleh vaksin dan antibiotik. (DEW/ FER)

BERITA TERKAIT