test

Kesehatan

Kamis, 12 Desember 2019 10:11 WIB

Riset, Makan Kulit Ayam Baik Buat Kesehatan

Editor: Ferro Maulana

Kurit ayam ternyata baik untuk kesehatan (Foto: Ist)

PMJ - Bagi kebanyakan orang mengkonsumsi kulit ayam dianggap buruk untuk kesehatan. Pasalnya, kulit ayam dianggap mengandung banyak lemak dan bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Namun asumsi tersebut terbantahkan dengan penelitian yang dilakukan Universitas Harvard. Mereka mengemukakan bahwa kulit ayam justru memiliki nilai gizi yang tidak menyebabkan masalah kesehatan seperti darah tinggi dan jantung.

Seperti dilansir laman worldofbuzz, Kamis (12/12/2019), lemak kulit ayam termasuk dalam kategori lemak sehat. Lemak kulit ayam ini justru berpotensi mengurangi tekanan darah tinggi dan kolesterol tergantung pada hormon setiap individu.

Berdasarkan laporan mereka juga kalori dalam kulit ayam sebenarnya tidak terlalu tinggi sampai bisa menyebabkan kegemukan. Jadi tidak seharusnya Anda menghilangkan kulit ayam ketika memasaknya.

Sebaliknya, menghilangkan kulit ayam justru membuat minyak lebih mudah masuk atau meresap di daging ayam. Padahal kulit ayam ini bertindak sebagai penghalang minyak agar tidak langsung meresap pada dagingnya.

Menurut ahli gizi di Institut Kedokteran Terpadu, Sheena Smith bahwa hal utama yang membuat kulit ayam tidak sehat adalah cara seseorang memasaknya.

"Jika Anda menggoreng ayam menggunakan tepung atau remahan tepung roti justru menambah kalori yang tidak seharusnya. Cara memasak itulah yang justru membuat ayam tidak sehat," Sheena Smith.

Namun, ayam yang mendapat suntikan hormon, antibiotik, dan bahan kimia lain memang tidak sehat. Lebih baik Anda mengonsumsi ayam dari peternak sehingga bebas mengonsumsi kulitnya. Disarankan juga untuk tidak makan makan kulit ayam terlalu banyak.(Hdi)

BERITA TERKAIT