test

Kesehatan

Senin, 23 Desember 2019 08:08 WIB

Perubahan Suhu, Ini Cara Mudah Atasi Penyakit Biduran

Editor: Ferro Maulana

Penyakit Biduran. (Foto: Dok Net)

PMJ – Pada umumnya, di musim hujan lebih nyaman ketimbang panas lantaran cuacanya lebih sejuk. Meski begitu, hal itu tidak berlaku bila kamu alergi udara dingin.

Perubahan suhu (udara dingin) yang ekstrim akan membuat kulitmu biduran. Biduran yang ditandai dengan bentol kemerahan serta gatal ini sangat mengganggu karena sulit diatasi.

Salah satu cara mudah untuk mengatasinya adalah memakai pelembap. Khususnya, jika bepergian ke tempat yang dingin. Memakai pelembap dapat mencegah timbulnya biduran. Saat memakai pelembap, sel kulit akan lebih tebal, kuat dan tidak mudah iritasi sehingga kamu akan terbebas dari biduran.

Apalagi, bila kamu sering mengalami biduran yang sangat gatal dan mengganggu, pakai pelembap bertekstur lengket serta kental seperti mentega.

"Kalau ke tempat dingin atau panas, jangan lupa pakai pelembap yang teksturnya buttery. Apalagi, kalau perubahan cuacanya cukup ekstrim," ungkap Tina Wardhani, Spesialis kulit dan Kelamin, di Jakarta, belum lama ini.

Di samping gunakan pelembap, biduran bisa dicegah dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk biduran yang cukup hebat, kamu perlu menyediakan obat minum karena topikal tidak akan ampuh untuk mengatasinya.

"Nggak semua biduran itu berat, tapi pada dasarnya penderita alergi itu kulitnya kering. Kalau sering kambuh dan gatal hebat, harus sedia obat minum. Karena sudah nggak mempan lagi dengan obat oles,” tandasnya. (DBS/ FER).

BERITA TERKAIT