test

Entertainment

Senin, 13 Maret 2023 13:06 WIB

Sejarah, Aktris Asia Michelle Yeoh Aktris Terbaik Oscar Pertama dari Asia

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Ramadhan

Michelle Yeoh aktris terbaik di Academy Awards 2023. (Foto: PMJ/Instagram).

PMJ NEWS - Academy Awards 2023 mendatangkan kejutan sekaligus mencetak sejarah baru. Untuk pertama kalinya dalam 95 tahun terakhir, Aktris asal Asia meraih Piala Oscar lewat aktris Michelle Yeoh untuk kategori aktris terbaik (Actress in Leading Role).

Michelle Yeoh meraih penghargaan tersebut setelah aktingnya yang snagat memukau lewat film Everything Everywhere All At Once yang begitu fenomenal. Kemenangan bersejarah ini menandakan aktris Asia pertama yang meraih penghargaan Piala Oscar untuk aktris terbaik di Academy Awards. Michelle Yeoh sendiri memiliki kewarganegaraan Malaysia, sehingga menjadikannya sebagai aktris Asia Tenggara pertama yang meraih penghargaan tersebut.

Michelle Yeoh berhasil unggul dari para nominee Oscar lain, seperti Cate Blanchett (Tár), Anna de Armas (Blonde), Andrea Riseborough (To Leslie), dan Michelle Williams (The Fablemans).

The New York Times menulis headline "Michelle Yeoh Becomes First Aian Best Actress Oscar Winner". Aktris itu disebut sebagai wanita Asia pertama yang menang aktris terbaik dalam 95 tahun sejarah Academy Awards.

Selain Michelle Yeoh, lawan mainnya seperti Jamie Lee Curtis dan Ke Huy Quan juga menang untuk kategori aktor dan aktirs pendukung. Nama Michelle Yeoh dan Cate Blanchett sama-sama trending di Twitter usai nama aktris terbaik diumumkan. Apabila Cate Blanchett menang, maka ia bisa menjadi salah satu dari sedikit aktris yang meraih tiga Oscar.

Sebelumnya, Blanchett meraih penghargaan aktris terbaik Oscar melalui film The Aviator (2004) untuk kategori aktris pendukung, kemudian menang lagi di film Blue Jasmine (2013) untuk kategori aktris terbaik.

Pada film Tár, Cate Blanchett bermain sebagai Lydia Tár yang merupakan konduktor musik yang memiliki kepribadian yang keras.

Michelle Yeoh sukses memerankan tokoh Evelyn Quan Wang di film Everything Everywhere All at Once. Tokoh yang ia perankan adalah seorang ibu kelas menengah yang menemui dirinya di berbagai dimensi.

BERITA TERKAIT