test

Kesehatan

Sabtu, 18 Februari 2023 20:06 WIB

5 Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan, Cegah Anemia Hingga Diabetes

Editor: Hadi Ismanto

Daun kemangi memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Daun kemangi kerap dikonsumsi sebagai pelengkap masakan seperti lalapan, sup, dan salad karena memiliki rasa yang khas dan segar. Selain itu, daun yang keluarga Lamiaceae ini kerap dijadikan bahan obat tradisional.

Dalam dunia obat-obatan tradisional, manfaat daun kemangi sangat beragam untuk kesehatan. Daun ini memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, antimikroba, vitamin C, vitamin A, kalsium, dan magnesium.

Seperti dikutip dari berbagai sumber, Sabtu (18/2/2023), berikut ini manfaat daun kemangi yang dipercaya dapat mengatasi bermacam masalah kesehatan.

1. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi
Daun kemangi mengandung asam aspartat, yang dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi. Asam aspartat akan membunuh bakteri, dan memperlambat proses pembentukan plak gigi.

2. Mencegah Anemia
Manfaat daun kemangi untuk kesehatan yang mengandung zat besi, dapat membantu mencegah anemia. Zat besi sangat penting bagi produksi sel darah merah, dan memastikan bahwa semua organ dapat bekerja dengan baik.

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang
Daun kemangi mengandung kalsium yang dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang, dan memperlambat proses penuaan. Kalsium juga sangat penting bagi pertumbuhan dan pemeliharaan tulang.

4. Mencegah Diabetes
Manfaat daun kemangi untuk kesehatan, dapat membantu mencegah diabetes. Senyawa yanga terkandung, bisa membantu mengurangi kadar gula darah, dan memperbaiki fungsi pankreas.

Secara keseluruhan, daun kemangi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan dapat membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan.

5. Mencegah Depresi dan Stres
Manfaat daun kemangi untuk kesehatan, dapat membantu mengurangi depresi dan stres. Senyawa yang terkandung, akan membantu menenangkan sistem saraf dan meningkatkan kualitas tidur.

BERITA TERKAIT