test

Kesehatan

Minggu, 12 Februari 2023 22:01 WIB

Jangan Dibuang, Ini Lima Manfaat Kulit Kentang Bagi Kesehatan

Editor: Hadi Ismanto

Tanpa disadari kulit kentang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Kentang termasuk dalam kategori sayuran. Bahan makanan ini bisa diolah dalam berbagai bentuk seperti kentang goreng, perkedel, cake kentang atau hanya dimasukan oven dengan tambahkan keju mozarella.

Namun, banyak orang yang biasanya membuang kulit kentang saat akan dikonsumsi. Padahal, tanpa disadari kulit kentang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena mengandung serat, protein, mineral, vitamin dan fitokimia.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (12/2/2023), berikut beberapa manfaat kesehatan dari mengonsumsi kulit kentang.

1. Menjaga Kesehatan Jantung
Kulit kentang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Kulit kentang mengandung mineral seperti potasium dan magnesium yang membantu menjaga tekanan darah dan frekuensi jantung normal.

Studi juga menunjukkan bahwa kulit kentang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung.

2. Memelihara Kesehatan Tulang
Kulit kentang mengandung zat besi, magnesium, dan vitamin K yang penting bagi kesehatan tulang. Ini membantu memperkuat tulang dan membantu mencegah masalah seperti osteoporosis dan patah tulang.

3. Mencegah Anemia
Kulit kentang juga dapat menurunkan resiko terjadinya kekurangan sel darah merah atau anemia. Vitamin B dan besi yang terkandung dalam kulit kentang membantu mencegah anemia dan memperkuat sistem darah.

Ini membantu memastikan bahwa nutrisi dan oksigen dapat beredar dengan baik di seluruh tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Ginjal
Vitamin C dan antioksidan yang terkandung dalam kulit kentang membantu membersihkan ginjal dan membantu mencegah masalah kesehatan ginjal seperti batu ginjal dan infeksi ginjal.

5. Memelihara Kesehatan Kulit
Kulit kentang juga memiliki sifat antiaging dan menjaga kelembaban kulit. Ini membantu mencegah keriput dan tanda-tanda penuaan lainnya.

Vitamin C yang terkandung dalam kulit kentang membantu memperkuat kolagen dalam kulit, membuat kulit terlihat lebih muda dan lebih kenyal.

Serat yang terkandung dalam kulit kentang juga membantu membersihkan usus dan membuang racun dari tubuh, membantu mencegah masalah kulit seperti jerawat dan kulit kasar.

BERITA TERKAIT