test

Kesehatan

Selasa, 15 Maret 2022 10:05 WIB

Ahli: Menyikat Gigi Sambil Berdiri dengan Satu Kaki Baik untuk Kesehatan

Editor: Hadi Ismanto

Rutin menyikat gigi dapat meningkatkan fungsi otak serta membantu mengurangi resiko demensia. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Seorang pakar kebugaran Rosalind Frydberg mengungkapkan latihan keseimbangan memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Dia menganjurkan cara mudah seperti menyikat gigi sambil berdiri menggunakan satu kaki.

Seperti dilansir dari laman FitandWell, Selasa (15/3/2022), instruktur kebugaran kelompok sekaligus spesialis penuaan di Life Time ARORA ini menjabarkan sejumlah manfaat latihan kesimbangan, sebagai berikut:

1. Membangun Keseimbangan dan Stabilitas
Tanpa disadari, ada banyak aktivitas sehari-hari yang butuh keseimbangan dan stabilitas. Beberapa contohnya yakni naik turun tangga dan melangkahi genangan air. Itu sebabnya keseimbangan perlu dijaga hingga usia lanjut.

Menyeimbangkan tubuh dengan satu kaki sambil menyikat gigi membantu melatih otot-otot penstabil tubuh. Frydberg menyebutkan otot-otot itu adalah adduktor (otot paha bagian dalam) dan abduktor (otot paha luar).

"Melakukan ini tanpa alas kaki juga membantu melatih otot-otot kecil di kaki dan memperkuat pergelangan kaki," ungkap Frydberg.

2. Mencegah Jatuh
Kemungkinan jatuh lebih sering terjadi seiring bertambahnya usia, berpotensi membuat seseorang mengalami cedera serius, patah tulang, atau trauma kepala. Latihan keseimbangan rutin bisa membantu mencegahnya.

Semakin baik keseimbangan seseorang, semakin kecil peluang untuk jatuh. Apabila dilakukan terus-menerus, berdiri dengan satu kaki sambil menyikat gigi juga akan membuat tubuh bereaksi dengan cepat dan menstabilkan diri.

3. Baik untuk Otak
Harus menyikat gigi sambil berdiri dengan satu kaki butuh koordinasi, dan itu berarti latihan untuk otak. Frydberg mengatakan mungkin banyak orang menganggapnya aktivitas sederhana dan tidak menantang, padahal itu salah.

Untuk bisa melakukannya dengan efektif, seseorang harus memikirkan dan memproses cara terbaik, nilai tambah yang besar bagi pikiran. Mempelajari gerakan baru pun membantu meningkatkan plastisitas saraf (kemampuan otak berubah dan beradaptasi sebagai respons terhadap perilaku).

4. Memperkuat Tulang
Gerakan keseimbangan terfokus seperti saran Frydberg bisa menjaga kepadatan tulang paha. Artinya, tulang akan semakin kuat dan terhindar dari masalah tulang yang berkaitan dengan usia.

Salah satu contohnya adalah osteopenia yakni kondisi hilangnya kepadatan mineral tulang. Ada pula osteoporosis yang dikenal meluas, yaitu suatu kondisi yang menyebabkan tulang menjadi rapuh dan lemah.

5. Memperbaiki Postur
Fungsi lain dari berdiri dengan satu kaki adalah dapat memperbaiki postur saat "pose santai". Menurut Frydberg, semakin sering seseorang melatih postur tegak itu, semakin sedikit kemungkinan menjadi bungkuk di kemudian hari.

BERITA TERKAIT