test

Kesehatan

Rabu, 8 Februari 2023 10:04 WIB

Dahsyat, Lima Makanan Probiotik Ini Bermanfaat Bagi Kesehatan

Editor: Hadi Ismanto

Produk-produk makanan probiotik dipercaya dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh dan otak. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Probiotik merupakan mikroorganisme atau sekumpulan bakteri hidup yang dapat Anda temukan dalam makanan fermentasi dan suplemen. Produk-produk probiotik dipercaya dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh dan otak.

Seperti dilansir dari laman Healthline, Rabu (8/2/2023), berikut sejumlah makanan probiotik yang tergolong super sehat.

1. Tempe
Tempe adalah produk kedelai yang difermentasi. Kedelai biasanya tinggi asam fitat, senyawa tanaman yang mengganggu penyerapan mineral seperti besi dan zinc.

Namun, fermentasi menurunkan jumlah asam fitat, yang dapat meningkatkan jumlah mineral yang dapat diserap tubuh Anda dari tempe. Fermentasi juga menghasilkan beberapa vitamin B12, nutrisi yang tidak terkandung dalam kedelai.

Vitamin B12 biasanya juga ditemukan pada makanan hewani, seperti daging, ikan, susu, dan telur. Hal ini menjadikan tempe pilihan yang bagus bagi para vegetarian.

2. Kimchi
Kimchi mengandung bakteri asam laktat Lactobacillus kimchii, serta bakteri asam laktat lainnya yang dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan.

Makanan khas Korea ini juga terbuat dari kubis, kaya akan beberapa vitamin dan mineral, termasuk vitamin K, riboflavin (vitamin B2), dan zat besi.

3. Yogurt
Yogurt menjadi salah satu sumber probiotik terbaik, yang mengandung bakteri baik yang dapat meningkatkan kesehatan Anda. Yogurt terbuat dari susu yang telah difermentasi oleh probiotik, terutama bakteri asam laktat dan bifidobacteria.

Makan yogurt dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk peningkatan kesehatan tulang dan juga bermanfaat bagi penderita tekanan darah tinggi.

4. Kombucha
Kombucha adalah minuman teh hitam atau hijau yang difermentasi. Teh ini populer dan difermentasi oleh koloni bakteri dan ragi yang bersahabat untuk tubuh. Namun untuk manfaat dari Kombucha sendiri, masih diperlukan penelitian yang lebih banyak lagi.

5. Natto
Natto mengandung strain bakteri yang disebut bacillus subtilis. Natto biasanya dimakan dengan cara dicampur dengan nasi dan disajikan dengan sarapan.

Aroma yang khas dengan tekstur yang lengket, serta rasa yang kuat, Natto kaya akan protein dan Vitamin K2, yang penting untuk kesehatan tulang dan jantung.

BERITA TERKAIT