test

News

Senin, 16 Januari 2023 15:03 WIB

Soal Bentrok Pekerja di PT GNI Sulteng, Polri: Situasi Berangsur Kondusif

Editor: Hadi Ismanto

Asisten SDM Kapolri, Irjen Pol Dedi Prasetyo saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Polri memastikan kondisi pasca bentrok antara pekerja Indonesia dengan karyawan asing asal China di PT Gunbuster Nickel Industri (GNI) Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah, saat ini sudah kondusif.

"Saat ini situasi berangsur-angsur kondusif," jelas Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi wartawan, Senin (16/1/2023).

Kondisi yang semakin terkendali tersebut, lanjut Dedi, berkat upaya dialog antar pihak yang berkonflik. Mediasi dipimpin oleh Kapolres Morowali Utara dan Pemerintah Kabupaten Morowali Utara.

"Saat ini terus dilakukan dialog dipimpin Kapolres dan Pemda Morowali dan para pihak (serikat buruh dan perusahaan)," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, entokan antara pekerja Indonesia dengan pekerja asing asal China. terjadi di area smelter PT Gunbuster Nickel Industri (GNI) Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah, Sabtu (14/1/2023) malam.

Kabid Humas Polda Sulteng, Kombes Pol Didik Supranoto mengatakan akibat keributan itu sebuah mess karyawan terbakar dan kendaraan baik milik karyawan maupun perusahaan dirusak.

"Korban meninggal 2 orang TKI dan 1 orang TKA. Kemudian ada tiga orang pekerja yang mengalami luka-luka," ujar Didik Supranoto saat dikonfirmasi, Minggu (15/1/2023).

Untuk menenangkan para pekerja, lanjut Didik, polisi bersama TNI datang ke lokasi. Bentrok tersebut akhirnya bisa dikendalikan setelah petugas kepolisian melerai dua kelompok pekerja yang terlibat bentrok.

"Sementara untuk TKA diamankan dan dievakuasi di lokasi smelter 2 PT GNI," tukas Didik.

BERITA TERKAIT