test

Kesehatan

Minggu, 8 Januari 2023 22:01 WIB

5 Makanan Ini Bantu Proses Detoksifikasi Tubuh dari Racun

Editor: Hadi Ismanto

Anda mungkin perlu melakukan detoksifikasi atau menghilangkan racun-racun yang ada di dalam tubuh. (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ NEWS - Proses detoksifikasi dalam tubuh merupakan sangat penting dilakukan. Dengan detoksifikasi maka racun yang ada di dalam tubuh dan juga radikal bebas dapat dikeluarkan dan pastinya akan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Pada umumnya proses ini dapat dilakukan secara alami oleh tubuh itu sendiri melalui mekanisme yang sudah ada. Namun, hasil dari proses detoksifikasi satu orang dengan lainnya berbeda sesuai kondisi kesehatan masing-masing.

Selain itu, makanan sehat ternyata bisa membantu untuk mendetoks tubuh dan mengeluarkan racun-racun serta sisa makanan yang tidak diperlukan dari dalam tubuh.

Seperti dilansir dari laman Swirlster, Sabtu (7/1/2023), menjaga pola makan sehari-hari dengan mengkonsumsi asupan yang tepat juga dapat membuat tubuh bugar. Tubuh akan terasa lebih ringan hingga metabolisme juga menjadi lebih baik.

Berikut enam makanan untuk detoksifikasi tubuh, di antaranya:

1. Buah dan Sayur
Buah dan sayuran bermanfaat karena mengandung kalori yang sangat rendah. Buah dan sayur itu dapat dibuat dalam bentuk jus yang bermanfaat untuk meningkatkan konsumsi air, membantu tubuh mengeluarkan racun.

Air kelapa dan buttermilk adalah dua minuman sehat yang bisa dikonsumsi selain air dan jus alami. Anda bahkan dapat memeras lemon dalam air hangat dan meminumnya. Lemon adalah detoksifikasi yang membantu pencernaan makanan dengan baik.

2. Sayuran Hijau
Sayuran berdaun hijau akan membantu menjaga saluran pencernaan Anda tetap sehat dan sistem kekebalan Anda lebih kuat dengan memberi Anda lebih banyak serat makanan dan mineral penting.

Seseorang harus makan lebih banyak bayam, kol, brokoli dan kubis. Sayuran hijau memiliki klorofil yang merupakan pigmen tumbuhan unik, hadir dalam konsentrasi tinggi, menjadikannya antioksidan yang efisien yang melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

3. Tomat
Tomat memiliki lycopene yang melindungi hati dari kerusakan akibat radikal bebas dan memungkinkannya melakukan pekerjaan detoksifikasi dan metabolisme dengan lebih efisien.

Tingginya tingkat antioksidan dan fitokimia lainnya dalam tomat menjadikannya tambahan yang sehat untuk diet Anda. Mereka juga membantu tubuh menghilangkan zat berbahaya dan pencernaan makanan.

4. Kacang dan Biji
Kacang-kacangan dan biji-bijian yang diperkaya dengan vitamin yang larut dalam lemak telah terbukti meningkatkan aktivitas sel otak dan kesehatan sel secara umum.

Antioksidan, vitamin dan mineral membantu tubuh melakukan tugasnya menghilangkan polutan. Kacang-kacangan dan biji-bijian dengan demikian bisa menjadi makanan detoks pasca-pesta yang efektif.

5. Timun
Timun merupakan makanan super karena mengandung serat yang dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui saluran pencernaan bila dimakan dengan minuman.

Mentimun adalah makanan terbaik untuk merangsang urin dan mengeluarkan zat berbahaya.

BERITA TERKAIT